BeritaRegional

Pemkot Tasikmalaya Siapkan Pasar Murah Untuk Stabilkan Harga Bahan Pokok

BIMATA.ID, Tasikmalaya – Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat, tengah menyiapkan program pasar murah untuk masyarakat.

Kepala Bidang Pengembangan dan Pengendalian Perdagangan, Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kota Tasikmalaya, Hendro Haryoko mengatakan, Pasar murah itu nantinya disiapkan untuk menyambut bulan suci ramadhan.

“Operasi pasar murah dilakukan untuk kendalikan harga kebutuhan pokok yang biasanya merangkak naik jelang hari besar keagamaan,” kata Hendro, dikutip dari antaranews, Rabu (08/03/2023).

Baca Juga : Menhan Prabowo Puji Dukungan Besar Presiden Dalam Sektor Pertahanan

Menurut Hendro, kegiatan pasar pangan murah digelar sebelum Ramadhan dan nanti setelah Hari Raya Idul Fitri.

“Kami juga berencana melakukan gelar pangan murah mulai 11 Maret sampai setelah Lebaran di beberapa titik,” ucapnya.

Jika di pasaran terjadi kenaikan harga, kata dia, maka pemerintah daerah secepatnya melakukan langkah mengendalikan harga dengan menggelar pasar murah bagi masyarakat.

Hendro menuturkan, Pemkot Tasikmalaya selama ini terus melakukan pemantauan harga dan ketersediaan pangan pokok menjelang bulan suci Ramadhan.

Menurut hasil pemantauan, kata Hendro, ketersediaan bahan pokok masih cukup di pasaran, sedangkan terkait harga sebagian besar masih relatif stabil, meski ada beberapa barang sudah merangkak naik.

Kepala Bidang Ketahanan Pangan, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kota Tasikmalaya, Heru Susanto senada juga mengucapkan, ketersediaan kebutuhan pokok di pasaran masih aman hingga menjelang bulan Ramadhan.

“Kelangkaan pasokan sepertinya bakal tidak akan terjadi, tetapi karena permintaan jelang Ramadhan meningkat bisa berdampak pada harga,” pungkas Heru.

Heru Menjelaskan, untuk mengendalikan harga bahan pangan, salah satunya dengan cara menggelar pangan murah di 10 kecamatan yang dilakukan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Tasikmalaya.

Simak Juga : Ini Pesan Prabowo Subianto di HUT Kostrad

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close