Umum

Pemkab Bekasi Salurkan Bantuan Kepada Petani Secara Bertahap Dari Kementan

BIMATA.ID, Kabupaten Bekasi – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, Provinsi Jawa Barat, secara bertahap menyalurkan bantuan benih dari Direktorat Perbenihan Kementerian Pertanian kepada petani di 14 kecamatan terdampak banjir pada beberapa waktu lalu.

Kepala Bidang Tanaman Pangan pada Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi Eem Embang Lesmanasari mengatakan, bantuan benih padi seberat 262.250 kilogram diperuntukkan bagi petani terdampak banjir di total 10.490 hektar lahan.

“Kita sudah salurkan bantuan benih di Kecamatan Sukakarya total 25.875 kilogram benih dengan lahan terdampak 1.035 hektare dan diterima langsung oleh kelompok tani sesuai dengan calon petani dan calon lokasi yang kami miliki. Kecamatan lain menyusul bertahap,” kata Eem, dikutip dari antaranews, Senin ( 27/03/2023).

Baca Juga : Disebut Namanya di Lagu Ojo Dibandingke, Prabowo Malah Sebut Nama Jokowi

Eem menuturkan, bantuan benih diberikan kepada para petani yang terdampak banjir dengan kriteria tanaman padi mengalami puso dan petani aktif yang terdata dalam sistem elektronik rencana definitif kebutuhan kelompok melalui validasi petugas pengendali organisme pengganggu tumbuhan serta penyuluh pertanian lapangan.

“Untuk titik lokasi harus jelas sesuai dengan data pemetaan lahan pertanian berbasis spasial atau poligon,” tuturnya.

Sementara itu, Sub Koordinator Tanaman Pangan pada Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi Dodo Hadi Triwardoyo menjelaskan, alokasi bantuan benih dari kementerian masih terus berproses untuk menyesuaikan ketersediaan benih dari penyedia.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close