BeritaNasionalTravel

KJRI Tegaskan Tak Ada Penutupan Ziarah di Mekkah dan Madinah

BIMATA.ID, Jakarta – Beredar informasi di media sosial perihal potongan video yang menyebutkan adanya penutupan ziarah ke Madinah dan Mekkah mulai 7 Maret 2023 hingga Idul Fitri.

Konsul Haji Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah Nasrullah Jasam menegaskan bahwa tidak ada penutupan tempat-tempat ziarah di Makkah dan Madinah.

“Tidak ada penutupan ziarah, baik di Makkah maupun Madinah. Tempat-tempat ziarah juga tidak ditutup,” kata Nasrullah, dikutip dari antara, Jumat (03/03/2023).

Baca Juga : Prabowo Subianto Capres 2024 dengan Loyalis Tertinggi

Nasrullah mengatakan, pihaknya sudah melakukan klarifikasi terkait informasi penutupan ziarah kepada Wakil Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi bidang Ziarah.

Menurut Nasrullah, informasi yang benar adalah adanya pengumuman salah satu perusahaan transportasi di Arab Saudi yang menghentikan pelayanan ziarah.

“Ada perusahaan transportasi yang mengumumkan menghentikan layanan ziarah mulai 7 Maret karena keterbatasan armada dan tenaga sopir, serta pertimbangan kemacetan,” ucapnya.

Nasrullah memastikan, sampai saat ini layanan terhadap jamaah umrah dari berbagai negara, termasuk Indonesia, berjalan sebagaimana biasanya.

Berdasarkan pengalaman pada tahun-tahun sebelumnya, jumlah jamaah umrah terus meningkat, terutama jelang memasuki bulan Ramadhan.

Simak Juga : Anak Buah Prabowo Salurkan Bantuan ke Korban Banjir Karawang

Di sisi lain, Arab Saudi mengizinkan mereka yang memegang visa apapun, baik itu visa pribadi, kunjungan, dan pariwisata untuk melakukan umrah dan mengunjungi makam Nabi Muhammad SAW. 

Sedangkan visa umrah diperpanjang dari 30 hari menjadi 90 hari

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close