BeritaKesehatanPeristiwaRegional

Dinkes Temanggung Imbau Masyarakat, Terapkan PHBS untuk Cegah DBD

BIMATA.ID, Temanggung – Dalam upaya pencegahan penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Temanggung menghimbau kepada masyarakat untuk selalu menerapkan Pola Hidup Bersih, dan Sehat (PHBS) pada musim hujan.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinkes Temanggung, Dr. Sarjana mengatakan, pihaknya telah meminta kepada masyarakat agar selalu melakukan gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan cara melakukan menguras, menutup, mengubur (3M). Yakni, barang – barang bekas.

“Pada musim hujan seperti saat ini, nyamuk aedes aegypti pembawa virus DBD berpotensi berkembang biak, jadi Dinkes Temanggung mengajak masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat, karena di sekitar rumah maupun pekarangan masih banyak genangan air, untuk itu masyarakat harus memperhatikan genangan air itu di barang-barang bekas, seperti kaleng, ban, kolam, bak air mandi maupun vas bunga,” ungkap Dr. Sarjana, pada Rabu (15/03/2023).

Baca juga: Menhan Prabowo: Inovasi Komando Teritorial di Kodam III Siliwangi Pecahkan Kesulitan Rakyat

Lanjutnya, bagi masyarakat yang tengah mengalami gejala demam atau suhu panas tinggi lebih dari tiga hari, dan bintik – bintik di kulit, diharapkan segera mendatangi fasilitas kesehatan untuk mendapatkan pertolongan medis.

“Kondisi badan harus tetap dijaga kesehatannya, kemudian kebersihan lingkungan sebagai pokok terhindar dari penyakit demam berdarah, selain itu harus memakai pelindung diri, seperti kelambu kamar dan lotion anti nyamuk agar tidak tergigit nyamuk,” ungkapnya.

Berdasarkan data yang diterima, hingga bulan Maret 2023 ini, telah ditemukan 3 kasus demam berdarah. Yakni, di Desa Tlogorejo, Kecamatan Temanggung, dan Desa Greges, Kecamatan Tembarak. Namun, setelah mendapat perawatan medis di Rumah Sakit Unit Darurat (RSUD) Temanggung, ketiga penderita dinyatakan sembuh.

Lihat juga: Prabowo Pimpin Langsung Demonstrasi Kopasgat TNI AU di Bandung

Maka dari itu, sebagai upaya mencegah penyebaran penyakit DBD, Dinkes tengah melakukan fogging di dua Desa tersebut.

Mengenai kondisi tersebut, Dinkes Temanggung mengajak semua masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan dengan cara menerapkan 3M plus.

Selain itu, Dinkes Temanggung juga telah menugaskan Juru Pemantik Jentik (Jumantik) untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar berperilaku hidup bersih, dan sehat. Sehingga, penyebaran DBD di Temanggung dapat teratasi dengan baik.

Simak juga: Survei PWS : Prabowo Ganjar difavoritkan Berpaket

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close