BeritaPolitik

Survei PWS : Prabowo Ganjar difavoritkan Berpaket

BIMATA.ID JAKARTA Peneliti Political Weather Station (PWS) Sharazani menyampaikan hasil survei PWS pada Maret 2023 tentang sosok yang dianggap cocok mendampingi Prabowo Subianto pada Pilpres 2024.

Dia menyampaikan nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo paling difavoritkan publik menjadi calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Prabowo Subianto.

“Hasil survei PWS ini menunjukkan bahwa sebanyak 24,5% publik menyebut nama Ganjar Pranowo sebagai sosok yang paling cocok menjadi cawapres pendamping Prabowo Subianto,” kata Sharazani dalam paparan hasil surveinya secara daring, Selasa (14/3/2023).

Sementara, di peringkat kedua diisi oleh Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil dengan perolehan angka sebesar 15,6%. Disusul Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno sebesar 12,8%, Menteri BUMN Erick Thohir sebesar 11,2%, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sebesar 10,1%.

“Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dan politisi senior PDI Perjuangan, Puan Maharani hanya disebut oleh kurang 2% responden,” ujarnya.

Kemudian ketika PWS membuat simulasi Pilpres diikuti oleh empat pasangan, yakni Prabowo-Ganjar, Anies-AHY, Airlangga-Erick Thohir, bagian terbesar publik atau 46,2% menjatuhkan pilihan pada pasangan Prabowo-Ganjar.

“Pasangan “koalisi perubahan” Anies-AHY dipilih oleh 29,8% responden, sedangkan pasangan yang diusung Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) Airlangga-Erick Thohir hanya didukung oleh 19,5% responden,” ungkapnya.

Untuk diketahui, survei PWS ini dilaksanakan pada 3-10 Maret 2023 di 34 Provinsi Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara melalui telepon dengan pedoman kuesioner.

Adapun, jumlah sampel yang ditentukan dalam survei ini sebanyak 1.200 responden yang telah dipilih melalui teknik pencuplikan secara acak bertingkat (Systematic random sampling). Sementara, margin of error yang diterapkan sebesar ±2,83%, dengan tingkat kepercayaan sebesar 95%.

Kemudian dia juga menyampaikan Elektabilitas Partai Politik Jika Saat ini Pemilu

PDI Perjuangan 21,9%
Partai Gerindra 16,4%
Partai Demokrat 10,3%
Partai Golkar 10,2%
Partai Nasdem 8,5%
PKB 7,6%
PKS 7,4%
Partai Perindo 5,0%
PAN 2,8%
PPP 1,9%
Partai-partai lainnya 3,5%
Belum punya pilihan 4,5%

Kecenderungan Pilihan Konstituen PDI Perjuangan

Prabowo-Ganjar 55,6%
Anies-AHY 14,2%
Airlangga-Erick 11,3
Undecided 18,9%

(Red)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close