Regional

Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak Membuka Musrenbang RKPD 2024

BIMATA.ID.SOPPENG-—Bupati Soppeng HA.Kaswadi Razak membuka kegiatan musrembang RKPD Kabupaten Soppeng tahun 2024 di aula kantor gabungan dinas, Kamis 09/03/2023.

Dengan tema, pemantapan perekonomian rakyat, penguatan demokrasi politik dan pemeliharaan ketertiban dan keamanan. Kepala Bappelitbangda Andi Agus Nongki menyampaikan tujuan pelaksanaan konsultasi publik rancangan awal RKPD 2024 yaitu untuk mengetahui arah kebijakan dan program perioritas ditingkat Provinsi dengan lokus di Kabupaten Soppeng dan menyerap usulan program kegiatan dari Desa/Kelurahan yang menjadi kewenangan Pemda Soppeng.

Adapun keluaran kegiatan, Kepala Bappelitbangda Soppeng menyebut bahwa sebagai sasaran dan perioritas Pembangunan Daerah RKPD Kabupaten, program dan kegiatan perangkat Daerah Kabupaten serta program dan kegiatan perangkat yang belum diakomodir dalam rancangan RKPD Kabupaten.

Untuk peserta dari konsultasi publik rancangan awal RKPD tahun 2024 anggota DPRD dan SKPD Provinsi Sulawesi Selatan, Anggota DPRD Soppeng, Forkopimda, Sekda , Kepala SKPD, para Kabag, Instansi vertikal, BUMN/BUMD, Lurah/Kades, perguruan tinggi, Thomas, Kepemudaan, Ormas dan asosiasi profesi/usaha.

Ketua DPRD Kabupaten Soppeng Syahruddin M Adam dalam konsultasi publik menyampaikan pokok-pokok pikiran DPRD Soppeng dengan prioritas Pembangunan Daerah tahun 2024 yakni memantapkan pembangunan manusia serta derajat kesejahteraan rakyat, Pemantapan infrastruktur dalam mendukung pertumbuhan ekonomi daerah, Memantapkan daya saing dan memperkuat demokrasi melalui pemeriharaan keamanan dan ketertiban daerah, memantapkan kualitas lingkungan dan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan dan memantapkan kapasitas tata kelola pemerintahan untuk menunjang pelayanan publik.

” Berdasarkan hasil reses mulai tahun 2021 sampai 2023 masih dijumpai beberapa permasalahan, baik dibidang Pemerintahan, Prekonomian, Pembangunan dan dibidang kesejahteraan rakyat,” ungkap Ketua DPRD Kabupaten Soppeng ini.

Sementara, Asisten prekonomian dan pembangunan provinsi Sulsel Dr.Muh.Ichan Mustari menyampaikan musrembang merupakan forum dialog antara seluruh pemangku kepentingan sekaligus penyampaian rancangan RKPD 2024 yang memuat arah kebijakan program dan kegiatan strategis beserta indikasi pembiayaan.

” Yang menjadi capaian dan indikator makro secara ekonomi dan sosial dapat menjadi dasar dalam membuat rancangan tahun 2024,” kata Muh.Ichan Mustari.

Sedangkan, Bupati Soppeng HA Kaswadi Razak dalam sambutannya mengungkit masalah sutera.

Lanjutnya bahwa konsep bukan hanya sutera tetapi mensinergikan dengan pariwisata yakni KWA Lejja yang dapat menjadi destinasi wisata yang lengkap.

” 300 hektar lahan sudah disiapkan karena disamping dijadikan sebagai kawasan agro techno park dan menanam murbei”, sebut Andi Kaswadi Razak.

Untuk masalah inflasi, selaku Pemerintah Daerah sudah melakukan beberapa langkah diantaranya menanam cabe sejuta cabe dan kopi tungke.

” Yang perlu digaris bawahi disini yaitu menjaga kebersamaan,” tutupnya.

Muhammad Yusranda.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close