BeritaRegional

BPBD Demak Menyatakan Puluhan Desa di Jateng Rawan Kekeringan

BIMATA.ID, Demak – Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Demak, Jawa Tengah(Jateng), Agus Nugroho mengatakan, dari 14 kecamatan di Kota Wali ada terdiri dari 99 desa berpotensi alami kekeringan dampak kekeringan akan kian parah apabila pintu air Kedung Ombo ke arah Demak ditutup.

“Semuanya berpotensi (kekeringan). Kami petakan, ada 99 desa yang tersebar di 14 kecamatan bakal alami kekeringan,” katanya, Senin (27/03/2023).

Baca Juga : Disebut Namanya di Lagu Ojo Dibandingke, Prabowo Malah Sebut Nama Jokowi

Pihaknya mengatakan, Musim kemarau di Demak diprediksi mulai pada akhir Mei atau awal Juni. Kendati demikian dampak kekeringan baru bakal terasa bila pintu air Waduk Kedung Ombo telah ditutup. Sebab, air dari Waduk Kedung Ombo juga dijadikan air baku perusahaan air minum dan Pamsimas.

“Kalau di bulan ini (Maret dan April), masih sering hujan. Tapi kalau di Demak itu, kekeringan diawali dengan tutupnya saluran air dari Waduk Kedung Ombo. Jadi selama masih dibuka, Demak biasanya masih mampu mencukupi,” ucapnya.

Cek Juga : Luar Biasa, Prabowo Sebut Tidak Punya Waktu dan Energi Untuk Sekedar Dendam dan Sakit Hati

Saat ini BPBD Demak telah menyiapkan sejumlah skema penanganan kekeringan. Diantaranya mengedukasi masyarakat yaitu meminta warga harus mulai bijaksana menggunakan air. Sedangkan khusus petani, diminta untuk mematuhi pola tanam.

“Nanti bakal ada pemberitahuan sebelum penutupan Waduk Kedung Ombo. Kalau pun tutup, masih ada sumber air lain yang bisa dipakai, salah satunya sumur BPBD Demak. Sumur itu, alhamdulillah, selama saya delapan tahun di BPBD, sumur itu tak pernah kering. Jadi masih bisa suplay ke masyarakat,” jelasnya.

Sementara Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sejumlah daerah di Jawa Tengah memasuki musim kemarau pada pertengahan April mendatang. Itu seperti Kabupaten Pekalongan, Pemalang, Tegal, Demak, Jepara, Kudus, Pati, dan Rembang. Saat ini tengah memasuki pancaroba.(zo)

Simak Juga : Gestur Prabowo Saat Izin Masuk Mobil Jokowi Tuai Pujian Warganet

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close