BeritaPeristiwaRegional

Antisipasi Siaga Bencana, BNPB Terjunkan Mobil Dapur Umum dan Pompa Air di Jepara

BIMATA.ID, Jepara – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah menerjunkan mobil dapur umum, dan pompa air di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah (Jateng) yang diserahkan oleh Anggota Komisi VIII DPR RI, Abdul Wachid melalui Pemerintah Daerah (Pemda), pada Senin, (13/03/2023).

Mengenai hal itu, Penjabat (PJ) Bupati Jepara, Edy Supriyanta menjelaskan, kondisi topografi Kabupaten tersebut memang rawan bencana. Yakni, seperti banjir, dan rawan tanah longsor. Maka, kontribusi bantuan peralatan ini sangat dibutuhkan.

“Kami mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan yaitu berupa satu unit mobil dapur umum dan satu unit pompa air. Insyaallah untuk saat ini bencana sudah terkendali, tetapi kami ini masih was-was selama sungai belum dikeruk,” ujar PJ Bupati Jepara, Edy Supriyanta selepas menerima bantuan, Senin (13/03/2023).

Baca juga: Berkat Penjelasan Romo Syafii Tokoh Agama Menerima Pertimbangan Prabowo Gabung Pemerintahan

Sambungnya, pengerukan sungai sangat perlu dilakukan. Karena, adanya bencana banjir di sejumlah wilayah Bumi Kartini bagian selatan yang disebabkan, luapan sungai Serang Wulan Drainase (SWD) 1, dan SWD 2.

“Kami selalu berupaya untuk meminta bantuan pihak terkait untuk melakukan normalisasi kedua sungai tersebut,” jelasnya.

Mengenai adanya bantuan tersebut, PJ Bupati, Edy berharap agar bencana yang ada di Kabupaten Jepara khususnya banjir bisa ditanggulangi melalui sistem pompa.

Lihat juga: Di Bali, Muzani Bicara Komitmen Prabowo Jaga Kebhinekaan NKRI

Oleh karena itu, Direktur Pemulihan dan Peningkatan Fisik BNPB, Ali Bernardus mengatakan, bantuan yang telah diberikan merupakan wujud kehadiran Pemerintah Pusat terhadap penanggulangan bencana.

Maka, dirinya mengaku BNPB siap membantu penanggulangan bencana di daerah melalui sejumlah tahapan.

“Saya harap bantuan ini dirawat dengan baik,” ungkap Direktur Pemulihan dan Peningkatan Fisik BNPB, Ali Bernardus, dalam keterangannya.

Simak juga: Prabowo Dianugerahi Tokoh Peduli Santri

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close