Regional

Tina Wiryawati Center Jabar Sukses Cetak Wirausahawan Muda di Banjar

BIMATA.ID, Banjar – Momentum reses ke II 2022-2023 dimanfaatkan Anggota DPRD Jawa Barat Tina Wiryawati untuk mengunjungi Ucup Suryatman, pelaku UMKM di Kota Banjar yang sukses menjalankan usahanya di bidang makanan dan minuman.

Asep panggilan akrab Ucup Suryatman kini berhasil mengembangkan usahanya yang diberi brand Asep Thai Tea.

Asep sebelumnya merupakan salah satu pemuda di Kota Banjar yang mengikuti pelatihan barista, program peningkatan skil yang digagas Tina Wiryawati Center (TWC) pada 2011.

Debut pada tahun itu juga, kini Asep sudah memiliki empat outlet di Kota Banjar.

“Alhamdulillah, ketika dikunjungi Bunda Tina Wiryawati saya merasa bahagia dan bangga bisa membuktikan diri untuk terus berkembang dalam dunia usaha. Insyaallah ke depan berencana untuk menambah outlet,” kata Asep, Selasa (21/2/2023).

Asep menceritakan, bahwa dirinya sebelumnya pernah bekerja di Kelurahan Banjar sebagai Office Boy (OB). Ibunya berjualan di Taman Kota Banjar, dan ayah bekerja sebagai petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup di bagian pasapon.

“Berjalannya waktu, saya mengikuti pelatihan bersama teman-teman dari Karang Taruna di Bandung, kemudian apa yang dipelajari di Bandung kemudian diaplikasikan dan hingga saat ini masih berjalan usahanya, mudah-mudahan bisa terus berkembang dan menambah outlet,” ujarnya.

Sementara itu, Tina Wiryawati mengaku bangga atas pencapaian Asep saat ini. Dengan gerai yang dimiliki sekarang itu merupakan sebuah proses yang sangat berarti di dunia usaha.

“Dulu ketemu dengan Ucup waktu kegiatan reses di Kota Banjar 2021, tapi Alhamdulillah dia bisa mengembangkan usahanya dan memperdayakan masyarakat untuk bekerja,” ujar Tina.

“Saya sangat bersyukur dan bahagia, dalam kurun waktu dua tahun terlahir seorang pengusaha muda dari pelatihan barista Tina Wiryawati Center,” sambungnya.

Legislator Gerindra ini berharap, ke depan akan terlahir Asep-Asep lain di Daerah Pemilihan Jabar XIII (Kuningan, Ciamis, Banjar, dan Pangandaran) di bi dangnya masing-masing.

“Saya berharap akan terlahir Asep-Asep lain, khsusunya di Dapil Jabar XIII. Bersama Tina Wiryawati Center kami terus melakukan kegiatan, baik di bidang pelatihan, sosial, pariwisata, dan kesehatan,” harapnya.

Ia menerangkan kegiatan usaha yang pernah dibantu olehnya di Kabupaten Kuningan seperti bidang pertanian, peternakan, glass powder, penyulingan minyak nilam dan turunannya serta magot (black soldier fly) dan beberapa usaha lainnya.

Maka, pihaknya mengajak kepada para pemuda untuk bisa mandiri dalam melakukan kegiatan usaha, bahkan dirinya siap untuk membantu jika diperlukan.

(*)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close