BeritaInternasionalPeristiwa

Sejarah Bencana di Turki dan Penyebab Gempa Turki 7, 8 Magnitudo Mematikan

BIMATA.ID, Jakarta- Lebih dari 2.000 orang dilaporkan telah tewas dan ribuan lainnya terluka oleh gempa bumi besar yang melanda Turki tenggara, dekat perbatasan Suriah, pada dini hari Senin (5/2/2023) pagi. Gempa bumi, yang melanda dekat kota Gaziantep, diikuti oleh banyak gempa susulan. Lantas apa yang jadi penyebab gempa Turki ini?

Dilansir dari bbcnews.com, gempa berkekuatan 7, 8 magnitudo ini diklasifikasikan sebagai gempa besar. Bukan hanya kekuatan getaran yang menyebabkan kerusakan, tetapi kekokohan bangunan juga menjadi faktor.

Apa yang Menyebabkan Gempa Turki?

Kerak bumi terdiri dari potongan-potongan terpisah, yang disebut lempeng, yang berdampingan satu sama lain. Pelat-pelat ini sering bergerak terkadang tekanan terbentuk sampai satu pelat tiba-tiba tersentak, menyebabkan permukaan bergerak.

Baca juga : 15 Ribu Kader Gerindra Sulsel Bakal Sambut Prabowo di Makassar

Sehubungan dengan penyebab gempa Turki, penyebabnya adalah lempeng Arab yang bergerak ke utara dan bertabrakan dengan lempeng Anatolia.

Gesekan dari lempeng tersebut yang menjadi penyebab utama gempa Turki saat ini dan juga yang pernah terjadi di masa lalu.

Selengkapnya : Nahdliyin Teriaki Prabowo Subianto ‘Presiden Selanjutnya’ di Harlah 1 Abad NU

Pada 13 Agustus 1822, gesekan lempeng menyebabkan gempa bumi berkekuatan 7,4, jauh lebih kecil dari magnitudo 7,8 yang terjadi pada hari Senin, (6/2/2023).

Gempa dengan kerusakan besar pernah terjadi di abad ke-19. Pada saat itu, gempa telah mengakibatkan kerusakan besar pada kota-kota di daerah tersebut, dengan 7.000 kematian tercatat di kota Aleppo saja.

Gempa Mematikan yang Pernah Terjadi di Turki 

Prof Joanna Faure Walker, kepala Institute for Risk and Disaster Reduction di University College London, mengatakan, “Dari gempa bumi paling mematikan di tahun tertentu, hanya dua dalam 10 tahun terakhir yang memiliki magnitudo setara, dan empat dalam 10 tahun sebelumnya.”

Sebelumnya baca juga : Soal Dikhianati, Ketua Harian Gerindra: Pak Prabowo Ajarkan Kami Untuk Berbesar Hati

Merujuk kepada ucapan Prof. Joanna Faure Walker dan laporan dari en.as.com, gempa pada Senin, (6/2/2023) memang bukanlah yang pertama kali terjadi di Turki. Berikut beberapa catatan kejadian gempa mematikan yang pernah terjadi di Turki.

  • Oktober 2011

Daerah Van (dekat dengan perbatasan Iran) telah sangat terpengaruh oleh gempa bumi selama beberapa dekade dengan dua gempa pada bulan Oktober dan November 2011 menyebabkan hilangnya lebih dari 900 nyawa.

  • Agustus 1999

Gempa berkekuatan magnitudo 7,4 yang melanda kota Izmit, Turki barat, menewaskan lebih dari 17.000 orang. Gempa bumi 1999 disebabkan oleh Sesar Anatolia Utara yang dimulai pada tahun 1939, menyebabkan gempa bumi besar yang bergerak progresif dari timur ke barat selama periode 60 tahun.

  • November 1976

Gempa bumi Çaldran–Muradiye 1976 terjadi pada bulan November dengan pusat gempa terletak di dekat Çaldran, 20 km timur laut Muradiye, di Provinsi Van Turki timur. Gempa tersebut berkekuatan magnitudo 7,3 dengan korban jiwa antara 4.000 hingga 5.000 jiwa.

  • Desember 1939

Gempa di Turki pada 27 Desember 1939 mencatat 8,2 pada skala Richter dan tetap menjadi yang paling kuat yang pernah tercatat dalam sejarah negara itu yang menyebabkan lebih dari 30.000 nyawa hilang dalam gempa bumi Erzincan 1939.

Artikel terkait : Prabowo Ucapkan Terima Kasih Kepada Jokowi Dalam HUT ke-15 Gerindra

Demikian itu informasi penyebab gempa Turki. Semoga bisa menjadi perhatian bersama.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close