BeritaEkonomiRegionalUMKM

Kabupaten Batang Dapat Dana Dari Pemerintah Pusat Guna Relokasi Pasar

BIMATA.ID, Batang – Pasar Desa Plelen Kecamatan Gringsing Kabupaten diketahui, mendapatkan kucuran anggaran dari Pemerintah Pusat sebesar Rp 4 Miliar.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperindagkop UKM) Batang, Subiyanto menjelaskan, anggaran yang bersumber dari tugas pembantuan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN ) itu, digunakan untuk revitalisasi pembangunan relokasi pasar baru di Desa Plelen.

Hal itu ia sampaikan, ketika seusai ekspos rencana pembangunan Pasar Desa Plelen, di ruang Abirawa Kantor Bupati Batang, Kabupaten Batang, Rabu (15/02/2023).

Baca juga: Hari Ini Rombongan Relawan Jokowi Mania Temui Prabowo Subianto untuk Dukungan di Pilpres 2024

“Pasar Plelen berdasarkan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) akan menjadi lahan terbuka hijau. Sehingga harus direlokasi yang direncanakan akan tukar menukar dengan tanah kas desa,” ungkap Subiyanto.

Lanjutnya, untuk relokasi lokasi pasar Plelen yang baru tidak akan jauh dari lokasi pasar yang sekarang, kisaran berjarak -/+ 400 meter ke utara dari posisi yang sekarang.

Namun, sebelum relokasi pembangunan tersebut harus ada kesepakatan tukar menukar tanah antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dengan Pemerintah Desa (Pemdes) Plelen.

Lihat juga: Resmikan Sumur Air Bersih Di Lombok, Prabowo Bagikan Puzzle Peta Indonesia ke Anak-anak

“Petunjuk dari Pj Bupati Lani Dwi Rejeki, tanahnya harus clear dulu, artinya tukar menukar tanahnya selesai. Diperkirakan biaya tukar menukar, appraisal, tanah urug mencapai sekitar Rp5 miliar yang bersumber dari APBD perubahan 2023,” jelasnya.

Sambungnya, jika pada tahun ini persyaratannya tidak tercapai, maka Pemkab Batang akan berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat untuk menggagalkan pembangunan tersebut untuk sementara, dan meminta diusulkan kembali pada tahun depan.

“Anggaran Rp4 miliar itu hanya untuk 1/4 pembangunan pasar, karena Detail Engineering Design (DED)-nya anggaranya mencapai Rp16 miliar,” pungkasnya.

Simak juga: Menhan Prabowo Bagi-Bagi Puzzle Peta Indonesia ke Anak-Anak di Lombok

Untuk diketahui, Revitalisasi pasar Desa Plelen akan akan berubah menjadi tipe A, dengan jumlah pedagang sekitar 700 orang.

Selengkapnya: Habiburokhman Jelaskan Ketidakhadiran Prabowo Dalam Rakernas Partai Ummat

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close