BeritaBisnisEkonomiNasionalPeristiwaRegional

Dubes Korsel Sambangi Rumah Dinas Gubernur Jateng, Bahas Investasi dan Kerjasama Antar Dua Negara

BIMATA.ID, Semarang – Duta Besar Korea Selatan (Dubes Korsel) perwakilan Indonesia Lee Sang Deok mengungkapkan bahwa Provinsi Jawa Tengah (Jateng) cukup ideal untuk investasi dan diplomasi.

Hal itu Lee Sang Deok ungkapkan, ketika dirinya mendatangi rumah dinas Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, pada Selasa, 14 Februari 2023.

“Mengingat tahun ini kedua negara memperingati 50 tahun hubungan diplomatik, saya melihat Jawa Tengah adalah salah satu provinsi yang sangat penting untuk memajukan hubungan kedua negara,” ucap Duta Besar Korea Selatan Lee Sang Deok di Puri Gedeh, Kota Semarang, Jateng, Selasa (14/02/2023).

Baca juga: Hari Ini Rombongan Relawan Jokowi Mania Temui Prabowo Subianto untuk Dukungan di Pilpres 2024

Lee mengatakan, pada saat ini Korsel melalui perusahaan kaca terbesar di Asia Tenggara, PT KCC Glass, tertarik untuk berinvestasi di Kawasan Industri Batang (KIB) untuk membangun proyek jetty infrastructure.

“Setelah mereka sukses menjalankan pabrik pertama, akan melanjutkan terus untuk pabrik kedua dan ketiga dan ini akan menciptakan lapangan pekerjaan yang sangat banyak untuk Jawa Tengah dan selain itu juga akan menjadi acuan yang sangat bagus untuk menarik lebih banyak investor dari Korea Selatan,” ungkap Lee.

Diketahui, proyek tersebut sudah berjalan 50 persen yang terdiri dari dua bangunan pabrik. Maka dari itu, Lee mengundang Gubernur Jateng Ganjar Pranowo untuk memperkuat hubungan diplomatik antara Indonesia-Korsel, khususnya Provinsi Jateng.

Lihat juga: Resmikan Sumur Air Bersih Di Lombok, Prabowo Bagikan Puzzle Peta Indonesia ke Anak-anak

“Pak Gubernur adalah seorang pejabat tinggi yang sangat penting dan juga akan berperan penting dalam politik Indonesia, sehingga kunjungan ke Korea Selatan akan memberikan peluang yang lebih besar untuk memajukan hubungan kerjasamanya dengan Korea Selatan,” jelas Lee.

Sementara, Ganjar menjelaskan, kerjasama yang dijalin antara Jateng dan Korsel selama ini cukup bagus. Bahkan, dirinya menyebutkan bahwa Korsel akan menjadi investor terbesar kedua setelah Jepang yang menduduki teratas yang telah mempercayakan Jateng sebagai Daerah investasi.

“Tentu saja tadi banyak perusahaan yang masuk dan kami mendapatkan informasi yang bagus ketika di luar PT KCC, kayak LG masuk, itu artinya menurut beliau momentum yang bagus karena pasti industri turunannya akan ikut,” kata Ganjar.

Simak juga: Menhan Prabowo Bagi-Bagi Puzzle Peta Indonesia ke Anak-Anak di Lombok

Oleh karena itu, Ganjar merasa senang atas undangan yang diberikan Lee Sang Deok, maka dari itu, penawaran kunjungan tersebut sangat penting untuk memicu potensi kerjasama antar dua Negara.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close