BeritaKesehatanRegional

Holding RS BUMN Hadirkan Alat Pendeteksi Kanker di Bali International

BIMATA.ID, Jakarta – Direktur Utama Pertamina Bina Medika Mira Dyah Wahyuni mengatakan, Holding Rumah Sakit BUMN, PT Pertamina Bina Medika-Indonesia Healthcare Corporation (IHC) menghadirkan alat pendeteksi kanker di Bali International Hospital (BIH) untuk menekan kasus kematian akibat kanker di Indonesia.

“Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan alat canggih itu, kami akan mengupayakan kerja sama dengan BPJS kesehatan,” kata Mira, dikutip dari antaranews, Kamis (24/08/2023).

Dia menjelaskan, alat tersebut adalah Positron Emission Tomography (PET) Scan, pemindai yang mendeteksi dini dan diagnosis kanker.

Baca Juga : PWS: Prabowo Terus Unggul dalam Survei, Apa Rahasianya?

Menurutnya, banyak kasus kanker dapat dicegah menjadi stadium tinggi dengan deteksi dini dan ketepatan diagnosa kanker melalui PET Scan.

Dia mengklaim alat canggih itu masih terbatas di Tanah Air, sehingga masyarakat masih kesulitan mendapatkan pelayanan yang cepat dan tepat terkait penyakit kanker.

Mira menambahkan pelayanan onkologi terpadu dengan kelengkapan alat tersebut diharapkan dapat memenuhi misi untuk berkontribusi membangun ekosistem kesehatan masyarakat Indonesia.

Dia mengharapkan, rumah sakit internasional yang berada di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kesehatan di Sanur, Denpasar, Bali itu menjadi pusat pelayanan kesehatan di Indonesia.

“Dengan menyediakan layanan PET Scan, kami berharap dapat memberikan akses kesehatan yang merata,” harapnya.

Berdasarkan data Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes), angka kejadian penyakit kanker di Indonesia pada 2018 mencapai 136,2 per 100.000 penduduk yang berada di urutan delapan di Asia Tenggara, sedangkan di Asia urutan ke-23.

Sedangkan berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar Kemenkes, prevalensi tumor atau kanker di Indonesia menunjukkan adanya peningkatan dari 1,4 per 1.000 penduduk pada 2013 menjadi 1,79 per 1.000 penduduk pada 2018.

Sementara itu, BIH memiliki luas sekitar lima hektare, dari total luas KEK Kesehatan Sanur mencapai 41,26 hektare.

Rencananya, RS itu memiliki empat lantai dan dilengkapi 260 bangsal serta berkonsep ramah lingkungan.

Simak Juga : Fenomena Prabowo Efek, Elektabilitas Gerindra Naik

Pemerintah mengharapkan fasilitas di KEK Kesehatan itu meningkatkan perekonomian sekaligus meningkatkan fasilitas kesehatan yang ada di Indonesia.

Berdasarkan data Dewan Nasional KEK pada 2030 diproyeksikan sekitar 4-8 persen penduduk Indonesia atau kisaran 123-240 ribu orang yang sebelumnya berobat ke luar negeri menjadi berobat Tanah Air salah satunya di BIH.

Secara nominal, hingga tahun 2045 total penghematan devisa yang diharapkan mencapai Rp.86 triliun dan total penambahan devisa pada periode yang sama mencapai Rp19,6 triliun.

Dewan Nasional KEK juga menyebutkan KEK Kesehatan Sanur memiliki nilai investasi sebesar Rp10,2 triliun dengan target serapan tenaga kerja diperkirakan sebanyak 43.647 orang.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close