BeritaPolitikRegional

Dinas Dukcapil Batang Gencarkan Sosialisasi Penggunaan KPT Digital

BIMATA.ID, Jateng – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Batang, menggelar kegiatan sosialisasi penggunaan Kartu Tanda Penduduk (KTP) secara digital di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah, Selasa, 7 Februari 2023.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data Disdukcapil Kabupaten Batang, Cahyo Wiyanto mengungkapkan, kegiatan sosialisasi tersebut sekaligus untuk mengaktivasi secara langsung.

Baca juga: Di Mall Gerindra Ajak Milenial Berjuang Bersama Prabowo Subianto

“KTP digital sebagai pengganti KTP fisik, karena di undang-undang mempunyai fungsi yang sama,” ungkapnya.

Cahyo menerangkan, ratusan pelajar MAN Kabupaten Batang sudah memiliki KTP fisik. Oleh karena itu, rencananya mereka semua bakal melakukan aktivasi KTP digital secara serentak.

Jika memang ada terjadinya perbedaan data dari pemohon dengan database yang ada, maka akan ditolak sistem secara otomatis.

“Aktivasi KTP digital melalui petugas kami yang sudah diberikan akses langsung kepada Kemendagri. Jadi, langsung terhubung ke database pusat. Nantinya, ada proses pencocokan antara data yang diberikan kepada pemohon dengan data yang ada di database,” terang Cahyo.

Lihat juga: HUT ke-15 Partai Gerindra, Ajang Supandi Ajak Semua Pihak Menangkan Prabowo

Lebih lanjut, Cahyo mengatakan kepada pelajar yang menggunakan Hp Android sudah dapat langsung mengakses ke aplikasi identitas kependudukan digital.

“Proses aktivitasnya sendiri minimal harus menggunakan gawai Android yang sudah versi delapan, di bawah itu tidak bisa,” katanya.

Simak juga: Lambaian Tangan Prabowo Subianto Disambut Histeris Puluhan Ribu Penonton Konser Dewa 19

Untuk diketahui, kegiatan serupa juga sudah dilaksanakan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam rangka persiapan diri untuk pemilihan umum (Pemilu) 2024. Hal tersebut bertujuan agar datanya sudah siap dan keuntungan KTP digital dalam pergelaran Pemilu dapat digunakan bila secara fisik hilang.

[FAR]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close