BeritaOtomotif

Bridgestone Indonesia Komitmen Jalankan Program Sustainability

BIMATA.ID, Jakarta- Bridgestone E8 Commitment adalah sebuah program berkelanjutan dari PT Bridgestone Tire Indonesia (Bridgestone Indonesia) yang bertujuan untuk menjalankan komitmen sebagai perusahaan solusi berkelanjutan.

Dikutip dari rilis resmi, program berkelanjutan di antaranya berupa inovasi produk, program pemberdayaan masyarakat, dan kontribusi terhadap pelestarian lingkungan. Basisnya adalah Energy (Energi), Ecology (Ekologi), Efficiency (Efisiensi), Extension (Ekstensi), Economy (Ekonomi), Emotion (Emosi), Ease (Kemudahan), dan Empowerment (Pemberdayaan).

“Tantangan dari pengembangannya adalah bagaimana menghadirkan produk yang secara kualitas sama, durabilitas dan safety sama, namun lebih enteng. Bobot kendaraan listrik lebih berat dibanding mobil biasa, sehingga ban mobil listrik dibuat lebih ringan,” papar Mukiat Sutikno, Presiden Direktur Bridgestone Indonesia.

Baca juga : Prabowo Pamerkan Inovasi Industri Pertahanan Karya Anak Bangsa di Kancah Internasional

Salah satu contoh inovasi terbaru dari Bridgestone adalah ban Enliten. Selain dibuat menjadi lebih ringan dari ban biasa juga mampu menghasilkan hambatan gulir yang rendah. Hal ini berkontribusi terhadap kondisi mesin saat pembakaran. Hingga konsumsi bahan bakar dan emisi CO2 secara signifikan menghemat pemakaian baterai pada mobil listrik.

“Untuk ban teknologi Enliten sudah digunakan di Eropa. Di Indonesia kita tunggu saja tanggal mainnya,” tandasnya.

Selengkapnya : Prabowo Boyong Industri Pertahanan Lokal Unjuk Gigi di IDEX UEA

Dari sisi teknologi produk, dalam Indonesia International Motor Show atau IIMS 2023, Bridgestone Indonesia memperkenalkan ban Ecopia, ban ramah lingkungan yang dirancang khusus dengan teknologi low rolling resistance (LRR) yang mampu menghasilkan ban dengan hambatan gulir yang rendah.

Ban dengan resistansi gulir rendah ini dirancang untuk mengurangi kehilangan energi saat ban menggelinding, sehingga akan mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar kendaraan dan mengurangi emisi gas karbon.

Sebelumnya baca juga : Prabowo Boyong Industri Pertahanan Lokal Unjuk Gigi di IDEX UEA

Selain tercermin pada teknologi produk, aksi nyata Bridgestone terhadap komitmen E8 tercermin melalui berbagai program tangggung jawab sosial (CSR). Contohnya program pengelolaan sisa produksi ban atau ban bekas pakai berbasis pemberdayaan masyarakat seperti proyek sosotan, serta aksi konservasi hutan mangrove dan pemberdayaan masyarakat dengan pembinaan produk olahan makanan di sekitar Muara Gembong, Bekasi.

Di ranah internal perusahaan, budaya dan semangat berkelanjutan diwujudkan melalui program Sustainability Day dan pelatihan duta sustainability.

Simak juga : Panaskan Mesin Partai, Gerindra Bali Siap Gelar ‘Jalan Sehat Prabowo’

“Fondasi program keberlanjutan di Bridgstone pada dasarnya mengacu pada strategi lima pilar, yaitu carbon neutral, ekonomi sirkular, solusi dan inovasi produk, pemberdayaan komunitas, serta pola pikir dan budaya berkelanjutan. Hal itu sudah sejalan dengan program perusahaan dan pengembangan teknologi di Bridgestone,” jelas Yunus Triyonggo, HR & GA Director Bridgestone Indonesia.

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close