BeritaRegional

Biro Pemberitaan DPR-RI Diseminasi ke Sekretariat DPRD Provinsi Jawa Barat Demi perkuat pengelolaan informasi

BIMATA.ID, Jawa Barat – Biro Pemberitaan Parlemen Sekretariat Jenderal (Setjen) Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI)  Indra Pahlevi melakukan diseminasi informasi ke Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat, Selasa (14/02/2023).

Diseminasi informasi tersebut, dilakukan sebagai upaya berbagi pengalaman guna memperkuat kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) Bagian Media Cetak dan Media Sosial dalam mengelola informasi terkait aktivitas kedewanan secara tepat, lugas dan dalam bentuk berita atau rilis yang akan disampaikan kepada masyarakat baik secara langsung maupun secara media.

“Penting bagi kami menjalin relasi dengan teman-teman sekretariat DPRD di seluruh Indonesia untuk sharing pengalaman agar kompetensi tim Biro Pemberitaan Parlemen semakin matang,” kata Indra, dikutip dari dpr.go.id, Rabu (15/02/2023).

Baca Juga : Prabowo Subianto Perbantukan Pesawat Hercules C-130 untuk Penanggulangan Bencana di Turki

Indra mengatakan, Biro Pemberitaan Parlemen dalam rangka menyampaikan informasi atau berita-berita baik tentang DPR kepada masyarakat, agar tidak lepas dari peranan media lokal sebagai media partner Parlemen.

“Kami mencoba untuk bekerjasama dengan teman-teman media lokal, baik itu televisi maupun radio. Kami beberapa kali melakukan lokakarya, dan mereka (wartawan) sangat merasa senang, sehingga dapat mengambil berita-berita yang ada untuk disiarkan di televisi atau radio lokal mereka masing-masing,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Media Cetak dan Media Sosial DPR RI Irfan mengungkapkan bahwa Biro Pemberitaan Parlemen terdapat Bagian Media Cetak dan Media Sosial, adapun sub bagian yang paling banyak bersentuhan langsung dengan pihak luar yaitu sub bagian media cetak dan media online. 

“Bentuk-bentuk kerja sama yang dilakukan selama ini adalah dengan media nasional dan media lokal melalui nota dinas permintaan dari komisi maupun AKD lainnya sesuai dengan arahan Pimpinan DPR,” pungkasnya.

Lihat Juga : Prabowo Subianto: Korps Marinir Miliki Sejarah Gemilang

Adapun dalam hal pembuatan rilis, menurut Irfan, Bagian Media Cetak dan Media Sosial DPR RI membuat sendiri dan ada juga dari Pimpinan DPR langsung.

Hal itu disebabkan para Pimpinan DPR dan Pimpinan Komisi masing-masing memiliki tim media yang membuat rilis dan akan dikoordinasikan dengan Bagian Media Cetak dan Media Sosial untuk disesuaikan datanya. Setelah itu, Bagian Media Cetak dan Media Sosial akan menyampaikan kepada media untuk disiarkan.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close