BeritaNasional

166,4 hektar Wilayah IKN Akan Jadi Hutan Tropis

BIMATA.ID, Jakarta- Dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi XI di Gedung Nusantara DPR RI, Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN), Bambang Susantono mengusung konsep wilayah yang berkelanjutan, kurang lebih 166,4 hektar dari wilayah IKN akan diubah menjadi hutan tropis.

Bambang menyampaikan, Dari total 256 hektar di wilayah IKN ini hanya akan dipergunakan sebesar 25 persen, selebihnya dari 75 persen tersebut akan dibagi lagi menjadi 10 persen lahan pangan dan 65 sisanya akan menjadi lahan hijau serta hutan tropis.

“Yang akan dibangun dari 256 hektar di total wilayah IKN itu hanya 25 persen saja. Sisanya adalah 75 persen. 10 persen akan jadi lahan pangan dan 65 persen diperuntukan untuk lahan hijau,” kata Bambang.

Baca juga : Nahdliyin Teriaki Prabowo Subianto ‘Presiden Selanjutnya’ di Harlah 1 Abad NU

“Nanti hutan-hutan yang sekarang monokultur akan dikemabngkan menjadi hutan tropis,” sambungnya.

Diperkirakan, 65 persen dari 256 hektar adalah sebesar 166,4 hektar, tentu ini adalah kabar yang menggembirakan mengingat hutan Kalimantan sudah lama dikenal sebagai paru-paru dunia.

selengkapnya : Soal Dikhianati, Ketua Harian Gerindra: Pak Prabowo Ajarkan Kami Untuk Berbesar Hati

Dalam pembangunannya nanti, IKN Nusantara akan diarahkan menjadi kota cerdas (smart city). Karena itu, pihak otorita IKN telah membuat road map yang jelas untuk berbagai hal mulai dari pemerintahan, transportasi dan mobilitas, kawasan tempat tinggal, sumber daya alam, industri, hingga pembangunan infrastruktur dan lingkungan.

Sebelumnya : Elly Rachmat Yasin Buka Suara Terkait Larangan Pramugari Garuda Indonesia Memakai Jilbab

“Insya Allah semuanya akan kita lakukan dengan smart baik dengan bantuan teknologi digital terkini. Kami akan membuka diri untuk melakukan berbagai hal sehingga menciptakan kehidupan yang lebih efisien,” ungkapnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close