Regional

Tinjau Proyek Kereta Api Sulsel Bareng Menhub, AIA Harap Peran Aktif Pemda

BIMATA.ID, Makassar – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras meninjau progres pembangunan kereta api Sulsel.

Dalam kunjungan ini, Budi dan Iwan menyusuri pembangunan rel sejau 2 km dari stasiun Mandai ke stasiun Maros kemudian melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Garongkong Barru menggunakan kereta api.

Andi Iwan pun mengapresiasi Menhub Budi untuk menuntaskan pembangunan kereta api Sulsel.

“Kami harapkan kendala-kendala sosial seperti pembebasan lahan dapat segera diselesaikan, dan tentunya kami juga meminta peran aktif pemerintah provinsi maupun kabuten dan kota untuk bersama-sama dalam mengatasi hal tersebut,” kata Iwan.

Proyek Kereta Api Sulsel itu diproyeksikan menjadi Kereta Api Trans Sulawesi. Bukan hanya dari Kota Makassar ke Parepare tetapi juga lintas provinsi.

Iwan mengatakan, proyek kereta api Sulsel ini diharapkan menumbuhkan perekonomian warga ke depan.

Kereta api sulsel ini diproyeksikan jadi transportasi logistik. Ia mencontohkan beberapa daerah adalah penghasil semen dan pendistribusian batu bara.

Dengan kehadiran kereta api maka barang dapat dengan mudah diangkut dan menambah nilai jual.

Kedua, kereta Api Sulsel ini juga akan mengangkut penumpang dari Kota Parepare ke Kota Makassar.

“Sebagai wakil rakyat (asal) Sulsel, kita tentu akan terus mengawal proyek strategis nasional ini, termasuk penganggaran di DPR RI. Semata-mata untuk warga Sulsel,” katanya.

Sementara itu, Menhub Budi mengatakan, selain melayani penumpang, kereta api Makassar-Parepare juga melayani distribusi logistik melalui angkutan kereta barang.

Di antaranya, dari Pelabuhan Garongkong, Kawasan Industri Semen Tonasa dan Bosowa atau sebaliknya.

Sasaran utama keberadaan transportasi publik ini untuk menghubungkan wilayah atau perkotaan, sebagai penunjang aktivitas ekonomi masyarakat.

“Terutama untuk pendistribusian barang dan komoditas pertanian, pariwisata, maupun sosial budaya,” kata Budi.

Dalam kesempatan itu turut hadir Bupati Maros Chaidir Syam, Kadishub Sulsel Muhammad Arafah.

[HW]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close