BeritaNasional

Presiden Jokowi Resmikan “Maung” Buatan PT Pindad

BIMATA.ID, Jakarta – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Kendaraan Operasional Satuan (Ranops) TNI 4×4 WD produksi terbaru PT Pindad pada Rapat Pimpinan (Rapim) Kementerian Pertahanan (Kemhan) 2023 yang diselenggarakan pada 18 Januari 2023 di Lapangan Urip Sumoharjo, Kemhan.

Mengenai itu, dalam mobil yang dikendarai langsung Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, lalu Presiden yang meninjau langsung pameran alat utama sistem pertahanan (alutsista) yang merupakan bagian dari rangkaian acara rapat pimpinan.

Kemudian, Presiden Jokowi memecahkan kendi sebagai prosesi peresmian kendaraan tersebut dan menamainya “Maung”.

Baca Juga : Menhan Prabowo Subianto: Jaga Stabilitas Negara, Koter Adalah Jawaban Terbaik

Untuk diketahui, Maung adalah kendaraan operasional satuan TNI yang diciptakan untuk medan offroad serta mendukung operasi mobilisasi pertempuran jarak dekat dalam segala medan. Sebab kendaraan ini mempunyai kemampuan manuver yang begitu gesit dan handal dan mempermudah mobilisasi untuk penggunanya.

Direktur Teknologi dan Pengembangan PT Pindad, Sigit Puji Santosa mengatakan, bahwa Kendaraan Operasional Satuan yang dipamerkan ini merupakan versi ketiga dari Maung. oleh karena itu, versi ketiga ini merupakan kombinasi untuk kegiatan pasukan di lapangan hingga operasional komandan.

“Jadi kita desain ada tiga seri, seri yang pertama yaitu KOMANDO untuk komandan, seri kedua yaitu JELAJAH untuk kombinasi lapangan dan operasional, serta seri ketiga adalah TANGGUH  untuk latihan tempur dan lain-lain sehingga dapat dilengkapi dengan senjata,” ucap Sigit.

Lihat Juga : Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo Resmikan Kendaraan Militer Maung

Dijelaskan, proses produksi Ranops Maung dilakukan dengan optimalisasi komponen dan ekosistem otomotif nasional sehingga terciptanya ekosistem industri otomotif yang mandiri.

Oleh karena itu, mengenai peresmian tersebut juga turut disaksikan dan dihadiri oleh  Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Dirut PT Len Industri (Persero) Bobby Rasyidin, Direktur Utama PT Pindad Abraham Mose serta jajaran Direksi PT Pindad lainnya.(FAR)

Simak Juga : Kaum Millenial: Prabowo Subianto Sosok Pemimpin Masa Depan Indonesia

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close