BeritaEkonomiPolitikRegionalUmum

Legislator Demokrat: Soal Perppu Cipta Kerja, Pemerintah Otoriter

BIMATA.ID, Jakarta- Anggota DPR dari Fraksi Partai Demokrat, Bambang Purwanto menilai, langkah pemerintah menerbitkan Perppu Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja sebagai sifat otoriter. Pasalnya, kata dia, pemerintah mengabaikan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menyebut Undang-undang (UU) Cipta Kerja inkonstitusional bersyarat.

“Keputusan MK miliki kekuatan hukum, tidak seharusnya malah menerbitkan Perppu Cipta Kerja. Terlihat pemerintah bersifat otoriter tak melaksanakan perintah MK malah melakukan pembangkangan dengan membuat Perppu Cipta Kerja,” kata Anggota Komisi IV DPR itu, Senin (02/01/2023).

Bambang memandang, pemerintah terlihat sangat anti kritik dan cenderung menggunakan ‘otot’ dalam keputusan untuk menerbitkan Perppu tersebut.

“Nampak sekali pemerintah anti kritik dan cenderung menggunakan otot, (padahal) jelas dalam mengatur pemerintahan harus sesuai dengan perintah konstitusi, alih- alih malah menggunakan teori pokoke,” sindir dia.

Bambang mengingatkan, syarat pemerintah untuk mengeluarkan Perppu ialah harus dalam kondisi darurat dan genting atau adanya kekosongan hukum.

“Sedangkan mengeluarkan Perppu itu ada syaratnya misal kondisi darurat/genting, adanya kekosongan hukum, pada kasus UU Cipta Kerja manakala tidak sempat merevisi bisa kembali ke UU yanglama seperti perintah MK,” jelas Bambang.

Dengan demikian, Bambang mengajak, agar para rekan sejawatnya di parlemen dapat meluruskan soal Perppu Cipta Kerja ini. Bambang meminta, agar para wakil rakyat di Senayan, Jakarta tak ikut-ikutan melegalkan Perppu Cipta Kerja ini.

“Kondisi seperti ini dengan kekuatan teori pokoke yang bisa meluruskan hanya teman-teman di DPR sehingga harus dipahami jangan sampai sebagai Wakil rakyat justru ikut melegalkan Perppu Cipta kerja yang jelas- jelas mengabaikan keputusan MK juga tidak senafas dengan konstitusi,” tegas dia.

Bambang pun menegaskan, seyoganya putusan MK untuk merevisi UU Cipta Kerja merupakan hal yang wajar. Hal tersebut juga merupakan sebuah pengingat agar UU yang dihasilkan oleh DPR dan pemerintah harus senafas dengan konstitusi.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close