BeritaNasionalPolitikUmum

Komisi II DPR RI : Penyelenggara Pemilu Jangan Timbulkan Ketidakpastian

BIMATA.ID, Jakarta – Wakil Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Fraksi Partai NasDem Saan Mustopa menghimbau untuk penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) tidak menimbulkan ketidakpastian. Seharusnya penyelenggara harus fokus menyelenggarakan demi tahapan Pemilu 2024 lebih profesional.

Saan menuturkan, saat rapat kerja Komisi II DPR bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dan penyelenggara Pemilu yaitu Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) di ruang rapat Komisi II DPR, Senayan, Jakarta, Rabu, 11 Januari 2023.

Dia menjelaskan, garda terdepan Pemilu adalah penyelenggaranya sendiri. Sedangkan Pemerintah dan DPR RI hanya memberikan support.

“Jadi jangan justru penyelenggara menimbulkan ketidakpastian, polemik. Seharusnya penyelenggara fokus menyelenggarakan secara profesional tahapan- tahapan Pemilu 2024,” jelas Saan.

Baca juga: Hasil Survei: Prabowo Tak Terkalahkan di Jabar, Anies dan Ganjar Kalah Telak

Saan yang sekaligus Legislator NasDem dari Dapil Jawa Barat VII itu juga menyinggung, terkait wacana sistem pemilu proporsional terbuka atau tertutup yang muncul dari penyelenggara pemilu. Meskipun itu sedang diuji, yang namanya uji materi terhadap sebuah UU adalah hal biasa.

“Saya ingat misalnya uji materi terhadap Presidential Threshold yang 20 persen, ingin nol dan sebagainya. Belum pernah menimbulkan reaksi sebesar ini. Berapa kali itu ambang batas pencalonan presiden diuji di MK dan pengujinya bukan orang-orang tanggung. Itu orang-orang hebat juga. Tapi kan tidak menimbulkan polemik yang luar biasa,” tutur Saan.

Baca juga: Survei LSN: Prabowo Tidak Tergoyahkan di Jabar, Unggul Tipis di Jatim

Ditempat yang sama, dia juga mengingatkan betapa pentingnya agar semua bisa menyadari, pemilu itu kompleks, bebannya berat, apalagi berbarengan dengan pilkada serentak.

 

 

(Fikri/ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close