BeritaEkonomiEnergiNasionalPeristiwaUmum

Harga Minyak Dunia Turun, Pengamat Minta Pemerintah Turunkan Pertalite

BIMATA.ID, Jakarta- Pemerintah telah menurunkan harga jual BBM nonsubsidi per Selasa (03/01/2022) imbas dari penurunan harga minyak dunia. Namun, harga jual BBM subsidi seperti Pertalite tetap tak berubah. Harga BBM RON 90 itu masih sama seperti sebelumnya yang dijual dengan harga Rp 10 ribu per liter.

Pengamat ekonomi energi dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Fahmy Radhi mempertanyakan keputusan tersebut. Menurut Fahmy, dengan perhitungan yang tidak transparan, pemerintah selalu mengatakan harga Pertalite masih di bawah keekonomian.

“Harga Pertalite pernah lebih mahal dengan harga BBM yang RON sama. Indikasi harga Pertalite di atas harga keekonomian. Maka pemerintah harus menurunkan harga Pertalite,” ujar Fahmy di Jakarta, Rabu (04/01/2023).

Fahmy menyampaikan pemerintah seharusnya berpikir lebih jauh dampak dari perubahan harga Pertalite terhadap perekonomian. Fahmy menilai, keputusan tidak menurunkan harga Pertalite tidak sejalan dengan upaya pemerintah dalam mendorong akselerasi perekonomian pascapandemi.

“Penurunan harga Pertalite akan memberikan kontribusi terhadap perekonomian Indonesia, menurunkan inflasi, dan menaikkan daya beli serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi,” kata Fahmy.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close