BeritaEkonomiNasionalPeristiwaPolitikSains & TekUmum

Politisi Golkar Dorong Pemerintah Sediakan STB Gratis

BIMATA.ID, Jakarta- Politisi Partai Golkar Henry Indraguna mendorong pemerintah untuk menyediakan set top box (STB) secara gratis agar masyarakat bisa menikmati siaran televisi. Pasalnya, kaya Henry, tidak semua lapisan masyarakat menikmati digitalisasi pertelevisian nasional karena keberadaan mulai langkah di pasaran dan harganya relatif mahal.

“Saya siap mendorong pemerintah, baik tingkat pusat hingga daerah untuk membuat program pengadaan STB gratis bagi seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali. STB yang diberikan juga harus yang berkualitas baik, karena akses komunikasi dan informasi adalah salah satu hak dasar masyarakat di negara demokrasi,” ujar Henry kepada wartawan di Jakarta, Selasa (13/12/2022).

Anggota Tim Ahli Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) ini menduga ada banyak mafia yang bermain menimbun STB, sehingga terjadi kelangkaan di pasaran dan membuat harganya terus merangkak naik. Menurut Henry, tindakan tersebut sangat merugikan masyarakat untuk menonton tayangan berkualitas.

“Kami merasa prihatin dan miris melihat kenyataan masyarakat di daerah yang sejatinya juga punya hak untuk menonton tayangan berkualitas akhirnya tidak bisa menonton televisi analog karena tidak memiliki daya beli,” tuturnya.

Henry mengaku telah menerima banyak keluhan masyarakat, khususnya di daerah-daerah di wilayah Jawa Tengah, tidak bisa membeli STB tersebut. Apalagi, kata dia, para penjual STB kian berani menaikkan harga barang tersebut yang sekarang menjadi komoditas bisnis.

“Hal ini jelas menyengsarakan rakyat. Bayangkan di daerah harga STB bisa mencapai Rp 500.000 per satu setnya,” ungkap fungsionaris pusat Partai Golkar ini.

Menurutnya, seharusnya STB tersebut diberikan secara gratis kepada masyarakat. “Ya ini berhubung digitalisasi televisi adalah program pemerintah yang sejatinya memberikan tayangan yang berkualitas kepada rakyatnya. Lha ini kok malah berkebalikan dari kenyataan,” pungkasnya.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close