Berita

Menkes Budi Gunadi Sadikin Gandeng PBNU Revitalisasi Peran Posyandu

BIMATA.ID, Jakarta – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin bersama Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya menandatangani MoU kerjasama pelayanan kesehatan primer kepada masyarakat.

“Melalui kerja sama ini, PBNU akan mengkampanyekan gerakan promotif dan preventif pelayanan kesehatan primer kepada masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat NU dan revitalisasi posyandu untuk menjaga agar masyarakat Indonesia tetap sehat,” katanya, Kamis (15/12/2022).

Pihaknya juga menjelaskan revitalisasi posyandu akan dimulai dari perluasan pelayanan kesehatan primer, Semula layanan primer berfokus pada kesehatan ibu dan bayi, kini diperluas mencakup semua kelompok usia.

“Fokus posyandu akan kita geser sedikit, bukan hanya ibu dan bayi. Tetapi mencakup ibu, bayi, anak, remaja, dewasa, dan lansia,” ucapnya.

Sementara Gus Yahya mengaku ingin membantu pemerintah pusat lewat program-program Kementerian Kesehatan. Salah satunya, melalui pemberdayaan masyarakat NU.

“Melalui kerja sama ini, PBNU ingin membantu Kementerian Kesehatan dalam mewujudkan program-program layanan kesehatan sampai kepada masyarakat di tingkat paling bawah. Hal ini diwujudkan melalui pemberdayaan masyarakat NU yang tersebar di seluruh Indonesia,” ujar Gus Yahya.(oz)

Tulisan terkait

Bimata
Close