BeritaEkonomiNasionalPertanian

Kendalikan Inflasi Pangan, Pemerintah Diminta Benahi Tata Kelola Pupuk Subsidi

BIMATA.ID, Jakarta- Serapan pupuk subsidi yang hampir mencapai 100 persen sebelum pengujung tahun mengindikasikan telah pulihnya sektor pertanian setelah diterpa kendala pasokan pupuk akibat dampak perang Rusia dan Ukraina sejak Februari lalu.

Kondisi ini pun meningkatkan optimisme terkait dengan pengendalian inflasi pangan yang sempat menjadi pengerek utama indeks harga konsumen (IHK).

Dalam rangka meningkatkan produktivitas dan menjaga momentum membaiknya kinerja sektor pertanian pemerintah disarankan untuk melanjutkan pembenahan tata kelola dan distribusi pupuk bersubsidi sehingga inflasi pangan pada tahun depan kian terkendali.

“Memang kita dorong permasalahan distribusi pupuk ini harus dibereskan,” kata Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Nailul Huda, Selasa (20/12/2022).

Selain itu, Nailul menyarankan kepada pemerintah untuk melanjutkan perbaikan dari sisi distribusi dan pendataan, sehingga pupuk subsidi atau anggaran subsidi melalui pupuk yang dikucurkan tepat sasaran.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close