Berita

Kemendagri Memprediksi Pemilu 2024 Berlangsung Secara Sehat

BIMATA.ID, Jakarta – Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Bahtiar meyakini Pemilu 2024 akan berjalan dengan sehat. Pemerintah juga memberikan sinyal positif bahwa hal tersebut akan terwujud.

“Kita memberikan sinyal positif kepada masyarakat bahwa Pemilu akan berjalan sehat,” katanya, Senin (19/12/2022).

Pihaknya  juga meminta kepada para penyelenggara Pemilu untuk menjaga kesehatan. Pasalnya mengerjakan tahapan-tahapan Pemilu membutuhkan jiwa dan fisik yang sehat.

“Rekan-rekan penyelenggara Pemilu jangan lupa jaga kesehatan, karena beban kerja yang sangat tinggi, dibutuhkan fisik dan jiwa yang sehat,” ucapnya.

Menurut Bahtiar, Pemilu yang sehat dapat dimaknai sebagai pesta demokrasi yang berjalan sesuai konstitusi dan perundangan-undangan. Hal itu ditandai dengan proses dan tahapan penyelenggaraannya yang berlangsung sesuai asas dan prinsip Pemilu yang sehat.

“Komunikasi, kontestasi, dan peserta Pemilu juga sehat di rumah publik, supaya mendidik masyarakat menjadi pemilih cerdas,” jelasnya.

Pelaksanaan Pemilu yang sehat juga dapat melahirkan hasil Pemilu yang baik sehingga dilegitimasi oleh seluruh masyarakat.

“Rakyat juga diajak berpartisipasi dalam Pemilu secara sehat, rakyat selalu ingatkan agar kontestan bersaing secara sehat dengan selalu berpikir sehat, dan (menggunakan) narasi-narasi sehat untuk menjaga harmoni dan kerukunan nasional,” tutupnya.

Tulisan terkait

Bimata
Close