Berita

Jelang Nataru BPOM Gorontalo Tingkatan Keamanan Pangan

BIMATA.ID, Gorontalo – Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Agus Yudi Prayudana, meningkatkan pengawasan keamanan pangan menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2023 (Nataru) di sejumlah gudang pangan olahan di Provinsi Gorontalo.

“Kita selalu melakukan pengawasan sepanjang tahun, namun untuk momen tertentu seperti natal dan tahun baru atau lebaran selalu kita tingkatkan,” katanya, Rabu (14/12/2022).

Pihaknya menjelaskan hal itu dilakukan untuk memastikan keamanan makanan dan minuman yang akan dikonsumsi oleh masyarakat pada natal dan tahun baru nanti.

“Yang kami periksa pertama adalah keamanannya, kami periksa dulu bahwa tidak kedaluwarsa, kemasan nya tidak rusak, kemudian gudang tersebut aman dari binatang yang mengganggu seperti tikus dan kecoa agar kebersihannya terjaga,” jelas Agus.

Ia mengungkapkan dari beberapa hari melakukan pengawasan keamanan pangan di sejumlah gudang distributor, ada beberapa temuan minor yang langsung diselesaikan bersama dengan distributor.

“Seperti ada pangan yang rusak kemasan nya ataupun sudah kedaluwarsa maka kita perintahkan untuk segera diganti kalau bisa, kalau tidak bisa segera musnahkan di lapangan,” ungkapnya.

Agus menjelaskan hasil dari pemeriksaan gudang dan distributor tersebut akan diberikan evaluasi nya, apakah sarana tersebut memenuhi ketentuan atau tidak memenuhi ketentuan.

“Kemudian kita memberikan rekomendasi perbaikan, bisa jadi kesimpulan nya peringatan ataupun peringatan keras,” ujarnya.

Tulisan terkait

Bimata
Close