Berita

BNPB : Ratusan Rumah Warga di Kalbar Terendam Banjir

BIMATA.ID, Melawi – Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari menyatakan, banjir yang terjadi di Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat, yang mengakibatkan 170 rumah warga Desa Sungai Bakah, Kecamatan Pinoh Selatan, terendam. Kedalaman air berkisar 20 hingga 50 sentimeter dari permukaan tanah.

“Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Melawi sudah mendatangi lokasi banjir, melakukan pendataan serta berkoordinasi dengan sejumlah pihak untuk penanganan banjir,” katanya, Rabu (14/12/2022).

Pihaknya juga menjelaskan banjir yang terjadi di wilayah Melawi itu disebabkan intensitas curah hujan yang cukup tinggi, sehingga menyebabkan Sungai Bakah meluap hingga merendam pemukiman warga.

Menurutnya dari bencana banjir itu BNPB mencatat ada 170 kepala keluarga terdampak banjir dan air banjir menggenangi 170 unit rumah penduduk di daerah tersebut.

“Hingga hari ini kami mencatat ada 170 rumah yang tergenang banjir,” jelasnya.

Sebelumnya Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca untuk wilayah Kabupaten Melawi pada hari ini dan Kamis, 15 Desember 2022 didominasi oleh cuaca hujan dengan intensitas ringan.

Tulisan terkait

Bimata
Close