Berita

Banjir Akibatkan 40 Hektar Sawah di Banten Alami Gagal Panen

BIMATA.ID, Banten – Kepala Desa Idaman, Kecamatan Patia, Kabupaten Pandeglang Ilman mengatakan, bencana banjir mengakibatkan 40 hektar sawah milik petani di Desa Idaman, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, dipastikan gagal panen. Sudah empat hari banjir di wilayah tersebut belum surut.

“Kami berharap petani yang gagal panen itu dapat bantuan dari Kementerian Pertanian untuk mengurangi beban ekonomi usaha tani,” katanya, Jumat (30/12/2022).

Pihaknya menyatakan,semestinya para petani petani pada awal Januari 2023 memasuki musim panen raya dari luas lahan sawah baku 400 hektare, namun 40 hektare di antaranya dipastikan gagal panen.

“Saya meyakini bahwa tanaman padi terendam banjir lebih dari empat hari kondisi batang, gabah dan daun buruk,” ucapnya.

Saat ini para petani di wilayahnya yang gagal panen itu diperkirakan mengalami kerugian mencapai Rp1,2 miliar dari lahan seluas 40 hektar dengan produksi rata-rata enam ton per hektar gabah basah, Jika dijual gabah basah ke tingkat penampung Rp5.000 per kilogram sehingga total menjadi Rp30 juta per hektare.

“Kami berharap petani dapat bantuan benih agar kembali bisa melakukan gerakan tanam pada Januari tahun depan,Dampak akibat peristiwa tersebut membuat roda perekonomian masyarakat setempat terpuruk karena hingga kini Desa Idaman terisolir,” jelasnya.

Tulisan terkait

Bimata
Close