Regional

Tina Wiryawati : Pilar Kebangsaan Sangat Penting Untuk Pelajar

BIMATA.ID, JABAR — Empat Pilar Kebangsaan harus betul-betul dipahami oleh seluruh lapisan masyarakat, terkhususnya untuk kaum generasi Z atau pelajar di tingkat SMA dan sederajat.

Legislator Provinsi Jawa Barat dari Partai Gerindra, Tina Wiryawati menyampaikan bahwa Empat Pilar Kebangsaan ini sangat penting bagi pelajar di tingkat SMA dan sederajat.

“Artinya, generasi Z ini banyak yang bilang acuh tak acuh terhadap Empat Pilar Kebangsaan. Padahal, generasi Z ini adalah penerus bangsa dan ikut menjaga serta memajukan bangsa di masa yang akan datang,” ujar Tina Wiryawati anggota DPRD dapil Jabar 13, di SMK PGRI Ciawigebang.

Empat pilar kebangsaan yang dimaksud adalah Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI. Menurutnya, jika dalam penyelenggaraan pemerintahan satu kesatuan ini ada yang pincang maka roda pemerintahan tidak akan berjalan sempurna.

Semisalnya, kata Tina, Generasi Z ini juga belum memahami dengan tugas dan fungsi anggota legislatif. Apalagi mereka akan menghadapi Pemilu di 2024 mendatang.

“Jadi, kenapa saya masuk di generasi Z. Karena saya ingin melihat antusiasme, dan keberanian untuk menyampaikan pendapat terkait empat pilar kebangsaan, atau tugas pemerintah baik eksekutif, legislatif maupun Yudikatif serta Pemilu,” tuturnya.

Pihaknya berharap, agar generasi Z ini dapat memahami apa yang telah disampaikan, sehingga kedepannya dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-harinya atau bahkan menumbuhkan rasa nasionalisme.

Ditempat yang sama Kepala Sekolah SMK PGRI Ciawigebang, Sugiono mengungkapkan apresiasi atas terlaksananya kegiatan empat pilar kebangsaan bagi anak-anak.

“Mudah-mudahan bisa menambah wawasan bagi anak-anak terkait dengan empat pilar kebangsaan, yang selama ini mungkin belum tahu, mudah-mudahan dengan penyampaian ini anak-anak paham dengan empat pilar, bisa di amalkan, bisa di laksanakan, dan bisa disampaikan kepada yang lainnya,” pungkasnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close