BeritaEkonomiNasionalPolitikUmum

Cak Imin: Stop Impor, Pemerintah Harus Serap Produk Garmen Lokal

BIMATA.ID, Jakarta- Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mendorong pemerintah untuk menyerap produk garmen kecil yang dikelola secara mandiri oleh masyarakat. Langkah ini penting dilakukan sebagai wujud kepedulian dan kehadiran negara.

“Pemerintah harus serap produk garmen lokal agar ekonomi terus bergerak dan menekan angka kemiskinan,” ujarnya, Kamis (03/11/2022).

Dia juga meminta pemerintah untuk memperluas pasar baru ekspor produk garmen nasional ke negara-negara yang perekonomiannya masih stabil.

“Pasar baru ekspor produk garmen kita mau tidak mau harus diperluas, pemerintah bisa merambah ke negara-negara yang ekonominya stabil untuk memasarkan produk garmen dalam negeri,” katanya.

Muhaimin mengingatkan pemerintah untuk setop arus impor produk garmen agar produk nasional dapat terserap secara optimal.

Muhaimin menilai belasan perusahaan garmen di Jawa Barat tutup operasi yang berdampak pada gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat lesunya permintaan pasar ekspor dari negara mitra dagang Indonesia.

Ia menyatakan gelombang PHK karyawan industri garmen harus ditekan. Sebab semakin banyak PHK maka semakin besar potensi krisis ekonomi yang bukan tak mungkin bisa mempengaruhi sektor lain.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close