Regional

Sudirman Tinjau Teknologi Pengolahan Arsinum di Pulau Sembilan Sinjai

BIMATA.ID, Sinjai – Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman meninjau teknologi pengolahan air siap minum (arsinum) Desa Pulau Persatuan, Pulau Kanalo 2, Kecamatan Pulau Sembilan, Kabupaten Sinjai. Arsinum merupakan air laut yang diolah menjadi air tawar siap minum.

Kunjungan Sudirman ke Pulau Sembilan dilakukan di sela Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulawesi Selatan yang digelar di Sinjai-Bulukumba, pada Minggu (23/10/2022).

Sudirman mengatakan, desa ini, menjadi salah satu lokasi program fasilitas teknologi pengolahan arsinum.

Tahun ini, ada 10 titik penyediaan teknologi pengolahan arsinum.

“Teknologi arsinum sudah dinikmati manfaatnya oleh masyarakat di desa ini. Dengan teknologi arsinum, masyarakat bisa langsung minum, tidak lagi beli air ke kota,” ujarnya.

Sudirman turut mencicipi rasa air ini. Menurutnya, airnya sudah jernih dan tak memiliki rasa sama sekali, seperti air minum pada umumnya.

“Arsinum ini bisa memproduksi air siap minum sekitar 5000 liter per hari dan memenuhi kebutuhan air minum masyarakat sini. Airnya jernih dan tidak ada rasa apa-apa.”

“Semoga dengan adanya arsinum ini memberikan manfaat untuk masyarakat kita di kepulauan, sehingga dapat menikmati air minum layak dan aman, masyarakat bisa minum fresh water,” harapnya.

Diketahui, teknologi pengolahan arsinum ini telah diresmikan Gubernur Andi Sudirman pada Paripurna 353 Tahun Provinsi Sulsel, 19 Oktober 2022.

Ada 10 titik di 8 kabupaten, yakni Pulau Kanalo 2 di Kabupaten Sinjai; Pulau Liukang Loe, di Kabupaten Bulukumba; Pulau Libukang, di Kabupaten Jeneponto; Pesisir Desa Mattirotasi di Kabupaten Pinrang; Pulau Salebbo Mattirowalie, dan Pulau Podang-Podang, di Kabupaten Pangkep.

Kemudian, Desa Bonto Borusu, dan Desa Menara Indah, di Kabupaten Selayar; Pulau Pannikiang, di Kabupaten Barru; dan Desa Patongloan, di Kabupaten Enrekang. (*)

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close