BeritaEdukasiKesehatanNasionalUmum

Dinkes Soppeng Sosialisasikan Vaksin Baru Untuk Imunisasi Rutin Di Posyandu

BIMATA.ID, SOPPENG– Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Soppeng menggelar sosialisasi Introduksi vaksin baru Pneumococcal conjugate vaccine (PCV) di ruang pertemuan Dinkes Soppeng, Rabu (19/10/2022).

Sub koordinator surveilans dan Imunisasi Dinkes Soppeng Odema.Skm.Mph melaporkan bahwam, peserta yang terlibat dalam sosialisasi vaksin baru PCV yaitu para Kepala Puskesmas, dokter umum, Promkes Dinkes, pengelola Imunisasi dan Organisasi profesi kesehatan.

“Nanti akan menjadi imunisasi rutin di posyandu dan pelaksanaannya pada bulan Juni 2023 mendatang:” ungkap Odema.

Adapun waktu dan sasaran introduksi imunisasi PCV dilanjutkan di tahun 2024 di bulan September 2022 bayi kelahiran Juli 2022 yang diimunisasi rutin di posyandu mulai dosis pertama diusia bayi 2 bulan, dosis kedua usia 3 bulan dan dosis ketiga sebagai dosis lanjutan di usia 12 tahun.

“Kami harapkan ini dapat tersosialisasikan dan disampaikan ke lintas sektor di Kecamatan” harapnya.

Sementara, Kadis Kesehatan Kabupaten Soppeng Sallang.Skm.Mkes mengemukakan, imunisasi PCB bukan hal yang baru karena ditahun 2017 introduksi imunisasi PCB telah berjalan di daerah NTB khususnya di Lombok barat dan Lombok timur dengan pelaksanaan yang baik dan cakupan yang tinggi.

“Anak perlu diberikan perlindungan sedini mungkin sebelum menderita pneumonia, dan salah satu cara pengendalian pneumonia yaitu melalui imunisasi”kata Sallang.

Urainya bahwa Introduksi vaksin PCB bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para petugas, meningkatkan kepercayaan diri untuk melakukan pemberian imunisasi ganda dan mengetahui manfaat imunisasi PCB serta manfaat pemberian imunisasi ganda.

“Upaya tindak lanjut mendukung introduksi vaksin baru PCB dapat melalui poster, spanduk dan sweeping bagi bayi yang belum mendapatkan imunisasi PCV” Imbuhnya.

“Kami mengharapkan bantuan dan kerjasamanya dalam menyukseskan introduksi vaksin baru kepada masyarakat sehingga penyakit pneumonia dapat dicegah sejak dini melalui imunisasi PCV” tambahnya.

Adapun narasumber yang dihadirkan dalam pengenalan vaksin baru yakni drg.hj.Nirwana As,Skg.Mm kepala bidang P2P Dinkes Soppeng, Sri Surianti,Skm.Mkes staf seksi bidang Surveilans imunisasi Dinkes Soppeng, dan Yumi dari perwakilan Who Sulsel.

 

(Yusuf/ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close