Berita

BPBD Jateng Evakuasi Kelompok Usia Rentan yang Terdampak Bencana Banjir

BIMATA.D, Cilacap – Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Tengah, Bergas C Penanggungan menyatakan, sejumlah titik banjir di Kabupaten Cilacap sudah tertangani. Petugas berhasil mengevakuasi kelompok rentan, ibu dan anak.

“Banjir Cilacap saat ini penanganannya di beberapa tempat cukup luas, memang cuaca ekstrem. Masyarakat tetap dievakuasi, tetap diamankan ke titik aman,” katanya, Selasa (11/10/2022).

Pihaknya menyebut telah melakukan pemantauan ke lokasi banjir di Cilacap. Hasilnya, dampak banjir telah tertangani. kelompok rentan, ibu dan anak telah dievakuasi lebih dulu. Sedangkan laki-laki dewasa diminta ikut menjaga lingkungan masing-masing.

“Dengan demikian, secara garis besar, banjir Cilacap sudah tertangani. Termasuk logistiknya untuk pengungsi dari Dinas Sosial sudah didorong untuk disampaikan ke titik pengungsian,” ungkapnya.

Namun kecenderungannya, masyarakat lebih memilih bertahan di rumah karena dianggap ini sesuatu yang biasa. Meski demikian, BPBD terus melakukan pendampingan dalam penanganan bencana ini.

Sejumlah titik pengungsian itu adalah masjid, hingga gedung MTs. Ketika pagi saat banjir surut, terang Bergas, pengungsi kembali ke rumah. Namun bila malam hari tiba dan banjir belum surut, pengungsi kembali ke tempat pengungsian.

“Sudah ada dapur umum yang disediakan pemerintah setempat, warga setempat membantu untuk masak. Termasuk relawan juga membantu,” jelasnya.(oz)

Tulisan terkait

Bimata
Close