Berita

Puluhan Kecamatan di Kota Bandung Diminta Waspada Banjir

BIMATA.ID, Bandung – Kepala Seksi Mitigasi Bencana Diskar PB Kota Bandung Amires Pahala mengatakan, sejumlah kecamatan itu terletak di kawasan selatan hingga timur Kota Bandung mengimbau masyarakat di kawasan itu untuk waspada terhadap bencana yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

“Jadi itu yang wilayah-wilayah yang memang dialiri enam sungai (anak Sungai Citarum),” katanya, Rabu (21/09/2022.

Adapun sejumlah kecamatan yang kerap mengalami banjir itu di antaranya Kecamatan Andir, Astanaanyar, Babakan Ciparay, Bandung Kulon, Bandung Kidul, Panyileukan, Batununggal, Bojongloa Kidul, Bojongloa Kaler, Rancasari, Kiaracondong, Cibiru, dan Kecamatan Buahbatu.

Sepanjang Januari hingga September 2022, dia mencatat kejadian bencana hidrometeorologi di Kota Bandung mencapai tiga kasus yakni satu kasus banjir di Rancasari, dan dua kasus longsor.

“Tidak ada korban jiwa, tapi kerugian materi, ada rumah yang temboknya runtuh. Sebanyak 21 rumah terdampak banjir. Itu terjadi pada April 2022,” ucapnya.

Guna mencegah bencana terjadi, Amires mengaku terus memantau sejumlah wilayah tersebut bersama aparat kewilayahan. Selain itu, menurutnya edukasi terkait mitigasi bencana juga terus disampaikan kepada masyarakat.

“Untuk belajar melihat potensi dan gejala terhadap perubahan sosial juga. Misalkan, masyarakat harus menjaga selokan, jangan buang sampah sembarangan,” jelasnya.

Adapun berdasarkan kajiannya bersama sejumlah instansi terkait, menurutnya puncak musim hujan di Kota Bandung bakal terjadi sekitar Januari dan Februari 2023 personel Diskar PB Kota Bandung selalu bersiaga menghadapi ancaman bencana hidrometeorologi.

“Kewaspadaan masyarakat memang masih kurang. Harus secara masif kita berikan pemahaman bagi masyarakat jika bencana itu terus mengintai,” tungkasnya.(oz)

Tulisan terkait

Bimata
Close