Berita

Kemenkes Umumkan Satu Pasien Positif Cacar Monyet Sudah Sembuh

BIMATA.ID, Jakarta – Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Maxi Rein Rondonuwu menyatakan, pasien pertama terkonfirmasi cacar monyet atau monkeypox di Indonesia sudah sembuh. Berdasarkan pemeriksaan laboratorium, pasien laki-laki berusia 27 tahun asal DKI Jakarta itu sudah negatif cacar monyet.

“Pasien yang positif [cacar monyet] sudah sembuh dan sudah negatif,” katanya, Senin (29/08/2022).

Pihaknya melaporkan, per 28 Agustus, 38 suspek cacar monyet di RI secara keseluruhan sudah dinyatakan negatif atau discarded.

“38 orang itu berasal dari sembilan provinsi di Indonesia, di antaranya DKI, Jawa Barat, dan Jawa Tengah,” ucapnya.

Kemenkes juga mengingatkan warga untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan dan juga meminta warga yang mengalami gejala cacar monyet segera melapor dan memeriksakan diri di fasilitas kesehatan terdekat agar dapat mendapatkan diagnosis serta penanganan lebih lanjutnya.

Diberitakan sebelumnya, pasien terkonfirmasi cacar monyet pertama di RI itu diumumkan pada Sabtu (20/8). Pasien memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri, Saat itu pasien disebutkan sempat mengalami demam dan ruam di beberapa bagian tubuh seperti tangan, kaki, dan area alat kelamin.

 

Tulisan terkait

Bimata
Close