Berita

Kemenkes Menyatakan Butuh Waktu untuk Proses Transisi dari Pandemi ke Endemi

BIMATA.ID, Jakarta – Juru Bicara (Jubir) vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan,saat ini pemerintah membutuhkan waktu untuk mengubah status pandemi menjadi endemi Covid-19.

“Untuk menghilangkan sebuah penyakit itu membutuhkan waktu yang lebih panjang, tentunya kita harus bersiap untuk terus berdampingan dengan Covid-19,” katanya Rabu (16/03/2022).

Pihaknya juga menyebut, saat ini Indonesia masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Untungnya, lanjut Nadia, dengan banyaknya tren indikator pengendalian pandemi yang terus menunjukkan ke hal yang positif.

“Transisi endemi merupakan suatu proses di mana periode dari pandemi menuju ke arah endemi dengan sejumlah indikator,” ucapnya.

Nadia menjelaskan, Indikator maupun waktunya masih terus dibahas oleh pemerintah bersama dengan para ahli untuk menentukan indikator yang terbaik untuk betul-betul mencapai ke arah kondisi endemi.

“Yang paling penting pada saat endemi, walaupun kasusnya ada, virus tidak akan mengganggu kehidupan kita seperti saat ini,” jelasnya.(oz)

Facebook Comments

Tulisan terkait

Bimata
Close