Berita

Dinkes Karangasem Menerima Laporan Banyaknya Warga Diserang Chikungunya

BIMATA.ID, Karangasem – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karangasem, I Gusti Bagus Putra Pertama menyatakan, berdasarkan dari laporan Sistem Kewaspadaan Dini dan Respons (SKDS) Dinas Kesehatan Kabupaten Karangasem, jumlah kasusnya ada 64 orang.

“Dari SKDS, jumlah kasus yang benar-benar dicurigai Chikungunya ini ada 64 kasus. Mulai tanggal 21 Mei sampai dengan tadi pagi. Di mana 54 sudah sembuh dan 10 orang masih dirawat tetapi dalam perawatan di rumah, tidak ada kasus yang dirawat di rumah sakit. Itu yang memang sudah terdiagnosis oleh teman-teman di fasilitas pertama,” katanya, Jumat (10/06/2022).

Pihaknya menyatakan bahwa tim surveilans sudah melakukan SKDS begitu ada laporan per tanggal 3 Juni di lingkungan tersebut dan aktif melakukan survailens.

“Itulah datanya. Mereka mendapatkan data itu, baik survailans aktif ke masyarakat maupun ke faskes-faskes yang ada di wilayah setempat,” ucapnya.

Namun pihaknya belum bisa memastikan apakah virus yang menyerang warga itu adalah Chikungunya. Karena tentu untuk menentukan hal tersebut harus dilakukan pemeriksaan di laboratorium.

“Itu dugaan. Kalau pastinya harus periksa lab. Tapi secara klinisnya dari teman-teman faskes mengarah ke sana (Chikungunya),” jelasnya.(oz)

Tulisan terkait

Bimata
Close