BeritaInternasionalUmum

1200 Buruh Meriahkan Peringatan Hari Buruh Sedunia di Jakarta Timur

BIMATA.ID JAKARTA– Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur menyiapkan panggung hiburan bagi ribuan buruh dalam perayaan Hari Buruh Internasional atau “May Day” 2024 yang digelar di halaman Kantor Walikota Jakarta Timur, Rabu (1/5/2024).

Kegiatan yang dihadiri sekitar 1.200 buruh itu bertujuan memberikan ruang ekspresi kepada para buruh dan meredam kegiatan demo yang bisa meresahkan masyarakat. May Day diwarnai panggung hiburan, bazar UKM, donor darah, layanan pemeriksaan kesehatan, serta santunan bagi janda dan yatim buruh hingga pembagian hadiah.

“Peringatan May Day 2024 ini merupakan kali ketujuh dilaksanakan Pemkot Jakarta Timur dengan tujuan memeriahkan peringatan yang diisi dengan kegiatan positif dalam kebersamaan guna memperkokoh sinergi unsur tipartit,” kata Walikota.

Dalam kesempatan itu Walikota mengimbau, helatan May Day dapat dijadikan momentum sebuah pesta untuk para pekerja khususnya di kota Jakarta Timur sehingga hari buruh bisa diperingati dengan keceriaan, kegembiraan, komitmen bersama bekerja lebih baik, meningkatkan kekompakkan, menjalin keakraban antara Pemerintah Kota dengan pengusaha maupun para pekerja.

Sementara itu, Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Nicolas Ary Lilipaly, menyambut baik adanya peringatan May Day yang digelar Pemkot Jakarta Timur. Dirinya mengapresiasi sinergitas Forkopimko di wilayahnya, sehingga buruh tidak turun ke jalan. Namun diakuinya masih ada buruh yang belum mau bergabung dan memilih untuk ikut demo ke kawasan Istana Negara, Patung Kuda dan Gelora Bung Karno.

“Peringatan May Day ini dapat memitigasi terciptanya Kamtibmas di Jakarta Timur. Karena ini dapat mengurangi volume buruh yang demo. Kita kerahkan 2000 personel, termasuk bantuan dari Brimob untuk pengamanan saat May Day hari ini,” Ujarnya.

Salah satu pekerja buruh dari Perusahaan PT. United Traktor Cakung, Asep, mengaku senang bisa hadir dan mengikuti peringatan May Day 2024 ini. Diakuinya pertama kalinya setelah bekerja di Jakarta.

“Diharapkan adanya peningktan kesejahteraan dan kompak dalam bekerja,” Ucapnya.

 

(W2)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close