EkonomiBeritaNasionalUmum

Pemerintah Berencana Cairkan BLT Minyak Goreng pada Pekan Ini

BIMATA.ID, Jakarta- Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Abraham Wirotomo mengatakan, Bantuan Langsung Tunai (BLT) minyak goreng diharapkan dapat meringankan beban masyarakat dan rencananya akan mulai disalurkan kepada penerima Minggu ini.

“Rencananya minggu ini BLT Minyak Goreng akan mulai disalurkan secara bertahap,” kata Abraham, Rabu (06/04/2022).

Dia menjelaskan, anggaran untuk bantuan ini akan sepenuhnya menggunakan APBN. Sayangnya Abraham tak menyebutkan berapa besar anggaran yang akan digunakan.

“Anggaran BLT Minyak Goreng sepenuhnya dari APBN. Ini bentuk keberpihakan APBN kita terhadap situasi yang sedang dirasakan masyarakat,” ujarnya.

Kembali ditegaskan, pemerintah berharap adanya kebijakan BLT Minyak Goreng ini dapat meringankan beban masyarakat dari kenaikan harga minyak goreng akibat adanya lonjakan di pasar internasional.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan, pemerintah memberikan BLT minyak goreng kepada keluarga penerima bantuan pangan non tunai (BPNT), program keluarga harapan, serta kepada pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan gorengan.

Bantuan akan diberikan kepada 20,5 juta keluarga yang masuk dalam daftar bantuan pangan non tunai (BPNT) dan program keluarga harapan (PKH), serta 2,5 juta PKL yang berjualan makanan gorengan.

Adapun bantuan yang diberikan sebesar Rp 100.000 setiap bulannya. Pemerintah akan memberikan bantuan tersebut untuk tiga bulan sekaligus yang akan dibayarkan di muka pada bulan April 2022 sebesar Rp 300.000.

 

(ZBP)

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close