Berita

Menpan RB Sarankan ASN di DKI Jakarta WFH Ditengah Lonjakan Kasus Covid-19

BIMATA.ID, Jakarta – Untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di lingkungan aparatur sipil negara (ASN) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo menyarankan, pemerintah provinsi (pemprov) DKI Jakarta, kementerian/lembaga serta pemerintah daerah (pemda) se-Jabodetabek bekerja dari rumah atau work from home (WFH).

“Mengingat lonjakan kasus yang signifikan, KemenPAN-RB menyampaikan rekomendasi kepada kementerian/lembaga, pemda DKI dan pemda se-Jabodetabek,” katanya, Sabtu (05/02/2022).

Pertama, dia merekomendasikan agar kantor kementerian/lembaga dan pemprov DKI Jakarta melakukan WFH selama 3 hari sampai dengan Senin, 7 Februari 2022. Jika dihitung dengan Sabtu dan Minggu tanggal 5-6 Februari 2022, maka ada waktu 3 hari kantor pemerintahan kosong.

“Cukup untuk waktu inkubasi, kecuali rumah sakit, puskesmas, dan layanan umum masyarakat,” ujar dia.

Kedua, Tjahjo merekomendasikan pegawai yang masuk di kantor hanya 10 persen. Menurut dia, rekomendasi ini masih sejalan dengan Surat Edaran (SE) Menpan-RN yang mengatur ASN yang bekerja di kantor maksimal 50 persen untuk wilayah PPKM level 2.

“Selain itu, meminta kementrian/lembaga, pemda se-Jabodetabek memperketat masuknya tamu-tamu serta pembatasan rapat fisik di kantor serta peningkatan penyemprotan/disinfeksi kantor,” jelasnya.(oz)

Tulisan terkait

Bimata
Close