BeritaPolitikRegional

KPU dan Bawaslu Kunjungi Lapas Bojonegoro Bahas Persiapan Pemilu 2024 Bagi Warga Binaan

BIMATA.ID, Jakarta – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengunjungi Lapas Bojonegoro Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM ( Kanwil Kemenkumham) Jawa Timur (Jatim), dalam rangka koordinasi persiapan penyelenggaraan Pemilu 2024.

Bawaslu dan KPU daerah Bojonegoro mengunjungi lapas tersebut guna membahas tentang administrasi penetapan Lapas Kelas IIA yang akan menjadi Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus bagi para warga binaan.

Diketahui, kedatangan mereka ke Lapas itu, disambut dengan baik oleh Kalapas Bojonegoro bapak Rony Kurnia, Kasi Binadik bapak R Gatot Suariyoko, dan Kasubsi Registrasi bapak Hermin Prihantono.

Baca Juga: Memaknai Langkah Progresif Prabowo Sebagai Menteri Pertahanan RI

Lain dari pada itu, KPU meminta kerja sama dari pihak Lapas Bojonegoro untuk melengkapi formulir daftar pemilih lokasi khusus terbaru sebagai persiapan awal pendataan untuk orang-orang yang akan menggunakan hak pilihnya di tempat tersebut.

Kemudian, Rony Kurnia menanggapi permintaan itu dengan memberitahukan juga bahwa data mengenai jumlah pemilih di Lapas Bojonegoro ini sifatnya bisa berubah sewaktu-waktu. Oleh sebab itu, pihaknya akan memberikan data terbaru setiap bulannya kepada anggota KPU dan Bawaslu yang terkait.

Cek Juga: Dampingi Jokowi, Prabowo Tinjau Panen Raya di Kebumen

“para warga binaan di dalam di setiap minggunya selalu ada yang bebas setelah menjalani masa pidananya, terus ada juga warga binaan baru yang datang dari Polres, kami upayakan pendataan pemilih khusus ini kami terus perbarui di tiap bulannya,” ujar Rony Kurnia.

Lebih lanjut, dalam pertemuan ini juga dibahas mengenai jumlah TPS yang mungkin bisa didirikan di area dalam tempat itu. Untuk masalah ini mengingat jumlah penghuni yang banyak kemungkinan akan dibentuk 2 TPS khusus di Lapas Bojonegoro.

Sementara itu, Rony Kurnia juga meminta kepada KPU dan Bawaslu bahwa untuk mempersiapkan semua yang diperlukan, pihaknya juga akan menyusun pola pengaman dengan para pejabat struktural supaya kegiatan Pemilu tahun 2024 nanti bisa berjalan dengan lancar.

Simak Juga: Hashim Djojohadikusumo dan Ariza Patria Hadiri Deklarasi Presidium Relawan Prabowo Subianto

Sebelumnya, Lapas Bojonegoro ini telah siap dan mampu untuk menggelar TPS sebagai tempat para warga binaan untuk menggunakan hak pilihnya. mengingat dimana pada tahun 2019 kemarin Lapas Bojonegoro dengan lancar dan sukses dalam menyelenggarakan Pemilu di tahun tersebut.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close