Regional

Kakanwil Kemenkumham Sulsel Minta Lapas Cegah Omicron 

BIMATA.ID, Makassar – Dalam rangka mencegah masuknya virus Covid-19 varian omicron di Lapas, Rutan dan Satuan Kerja Kemenkumham di Sulsel, Kakanwil Kemenkumham Sulsel, Harun Sulianto meminta kepada jajarannya untuk melakukan sosialisasi dan edukasi yang massif terkait virus omicron.

Selain itu, Ia meminta jajarannya melakukan pengadaan vitamin, masker dan obat-obatan. Juga melakukan pencegahan transmisi lokal dengan disiplin  menjaga Prokes serta mendorong vaksinasi lengkap dan vaksinasi booster.

Hal ini disampaikan Kakanwil Harun Sulianto kepada para Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan, Keimigrasian dan Balai Harta Peninggalan dan Kurator Negara Makassar secara daring, Rabu (2/2/2022).

Terkait Surat Edaran Sekjen Kemenkumham tentang Perpanjangan ke-24 PPKM di Lingkungan Kemenkumham Wilayah Jawa Bali dan di Luar Jawa Bal, Harun meminta agar jajarannya menjadikan arahan Presiden dan Menkumham sebagai pedoman dalam menyikapi tren kenaikan Covid-19 varian omicron.

“Lakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan, TNI/POLRI untuk vaksinasi booster, aktifkan Kembali Tim Penanganan Covid-19 Satker, dan lakukan pembatasan aktivitas dan mobilitas,” imbaunya.

Harun juga meminta agar Kepala Satker intens dalam melakukan monitoring dan pantau jajarannya. “Lakukan mitigasi jika ditemukan kasus Covid-19 dan siapkan langkah antisipasi dan terapkan SOP,” mintanya.

Menyikapi hal yang tidak terduga, Harun menginstruksikan untuk menyusun rencana kontijensi dan lakukan koordinasi dengan instansi terkait yakni PLN, Pemadam kebakaran, BPBD, Satgas Covid-19 dan TNI Polri setempat.

Sementara, kepada jajaran pemasyarakatan, Ia mengimbau untuk dilakukan deteksi dini tehadap potensi gangguan Kamtib Lapas/Rutan, Koordinasi bersama Aparat Penegak Hukum dan mencegah serta memberantas peredaran gelap narkotika.

“Selain itu segera lakukan program prioritas dan buat pertanggungjawaban secara akuntabel,” pintanya.

Pengarahan ini juga dihadiri Kepala Divisi Pemasyarakatan Edi Kurniadi, Kabag Umum Basir, Kabag Program dan Humas John Batara Manikallo, Kasubid Perizinan Keimigrasian Muh. Yusuf, dan Kasubid Penindakan Keimigrasian Kamaluddin A. Fattah.

(HW)

 

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close