Berita

BMKG Ambon Minta Nelayan Waspadai Potensi Gelombang Tinggi Perairan Maluku

BIMATA.ID, Maluku – Kepala Stasiun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Meteorologi Maritim Ambon, Ashar mengatakan, menyampaikan peringatan dini mengenai gelombang tinggi yang berpotensi menghampiri beberapa bagian wilayah perairan Maluku pada 27 sampai 28 Desember 2021.

“Diperkirakan ketinggianya mencapai empat hingga enam meter. Tinggi gelombang ini berpotensi terjadi di perairan Tanimbar dan laut Arafuru,” Katanya, Senin (27/12/2021).

Gelombang dengan ketinggian 2,5 meter sampai empat meter berpeluang terjadi di laut Seram, Laut Banda, perairan Sermata Leti, Babar, Kei, dan perairan Aru, sedangkan tinggi gelombang di perairan Buru, perairan Ambon-Lease, dan perairan selatan Seram diperkirakan 1,25 sampai 2,5 meter.

Ashar menambahkan, gelombang tinggi bisa mengancam keselamatan pelayaran dan perahu nelayan, untuk itu dihimbau agar menghindari perairan yang berpotensi akan mengalami gelombang tinggi dan nelayan diminta untuk tidak melaut.

“Mengimbau para nelayan dan operator kapal menghindari wilayah perairan yang gelombangnya sedang tinggi atau sangat tinggi, Masyarakat pesisir juga diminta waspada akan gelombang tinggi yang diprediksikan akan terjadi di sejumlah perairan Maluku tersebut,” jelasnya.(oz)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close