BeritaPeristiwaRegionalUMKM

Resmikan Rumah BUMN Pekanbaru, Erick: Berdayakan UMKM Lokal

BIMATA.ID, Riau – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir secara konsisten mengambil langkah untuk memberdayakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal agar terus bertumbuh dan naik kelas, dengan diwujudkan dengan peresmian Rumah BUMN (RB) Pekanbaru.

Menurutnya, Peresmian Rumah BUMN Pekanbaru ini merupakan upaya relokasi agar para UMKM dapat terfasilitasi lebih baik dari sebelumnya, menjadi pemanfaatan aset BUMN yang mengelola Rumah BUMN Pekanbaru, yaitu PT Pertamina (Persero).

Diketahui, untuk Pertamina sendiri, Rumah BUMN Pekanbaru ini merupakan 1 dari 30 Rumah BUMN yang dibina.

Baca juga: Prabowo Fokus Persiapkan Diri Jelang Oktober: Agar Tak Ada Waktu Terbuang

Pada kesempatan itu, Kementerian BUMN yang diwakilkan oleh BUMN Pertamina melalui VP CSR & SMEPP PT Pertamina (Persero), Fajriyah Usman mengatakan bahwa, Rumah BUMN Pekanbaru menaungi 3.200 UMKM lokal Pekanbaru dan telah secara rutin melakukan pelatihan sebanyak 120 kali untuk memfasilitasi UMKM naik kelas sejalan dengan visi Menteri BUMN Erick Thohir.

“Kementerian BUMN, juga dengan BUMN-BUMN khususnya Pertamina dalam hal ini, berkomitmen untuk membantu pergerakan perekonomian nasional dan melakukan pembinaan UMKM sebagai sebuah tujuan. Salah satunya adalah dengan membangun dan mengelola Rumah BUMN”. kata VP CSR & SMEPP PT Pertamina (Persero), Fajriyah Usman, Senin (29/04/2024).

Sejauh ini Rumah BUMN Pekanbaru telah menghasilkan banyak inovasi untuk mendukung perkembangan kualitas UMKM, diantaranya RB Energy yaitu pemanfaatan minyak jelantah diolah ke biofuel, serta pemanfaatan PLTS atap sebagai kemandirian energi RB.

Lihat juga: Prabowo: Terima Kasih atas Komitmen NU Kawal dan Dukung Pemerintahan yang Akan Datang

Kemudian, adapun RB Ambassador yang merupakan pendampingan 1on1 ke UMKM untuk peningkatan pemahaman tentang UMKM Go Digital dengan melibatkan mahasiswa Universitas Riau.

Sehingga, pemberdayaan yang terjadi dengan adanya Rumah BUMN Pekanbaru ini terjadi di segala sisi.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close