BeritaEkonomiRegional

Pemprov Jateng Dorong Inovasi dan Kebijakan Ekonomi Hijau

BIMATA.ID, Semarang – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) dorong semua pihak, seperti Pemerintah Kabupaten (Pemkab), serta Pemerintah Kota (Pemkot) guna terapkan kebijakan, dan inovasi menuju ekonomi hijau.

Sekretaris Daerah (Sekda) Jateng, Soemarno mengatakan, hal ini usai upacara peringatan ke-28 Hari Otonomi Daerah (Otda) bertema “Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan Yang Sehat”.

“Tema ini sejalan dengan visi misi Pemerintah Provinsi Jateng untuk menuju ekonomi hijau,” kata Sumarno seusai upacara peringatan ke-28 Hari Otonomi Daerah di halaman Kantor Gubernur Jateng, Kamis (25/04/2024).

Baca juga: Datangi PKB Usai Ditetapkan Presiden Terpilih, Prabowo: Kita Ingin Terus Bekerjasama

Menurutnya, momentum Hari Otda ini menjadi pengingat bahwa pemerintah daerah punya wewenang untuk menyelesaikan masalah.

Oleh karenanya, dalam membuat kebijakan agar selalu mempertimbangkan sisi lingkungan.

“Termasuk di wilayah Pantai Utara Jawa Tengah yang begitu berat bebannya, ini adalah salah satu dampak lingkungan, karena kurang memperhatikan ekonomi hijau,” tuturnya.

Lihat juga: Prabowo Ditetapkan Presiden Terpilih, Ucapkan Terima Kasih ke Anies-Imin, Ganjar-Mahfud dan Ajak Bersatu

Sekedar informasi, kondisi tersebut butuh kebijakan dan terobosan dari pemerintah provinsi maupun Kabupaten/Kota. Sebab tak sedikit kerusakan lingkungan disebabkan oleh pelanggaran terhadap peraturan dan kebijakan yang ada di Pemerintah Daerah (Pemda) maupun pusat.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close