BeritaPolitik

PAN Prioritaskan Kader Sendiri Untuk dicalonkan Pilkada 2024

BIMATA.ID, Jakarta – Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi mengatakan bahwa partainya memprioritaskan kader sendiri untuk dicalonkan pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024.

“Kader PAN tersebut harus memiliki kualifikasi tertentu, di antaranya integritas pribadi yang baik, serius mengabdikan dirinya buat masyarakat, berdedikasi dan profesional, serta memiliki visi serta program pembangunan,” kata Viva, Senin (22/04/2024).

Dia juga menuturkan, PAN berusaha untuk melanjutkan koalisi dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM), meskipun PAN memahami bahwa tidak seluruh daerah memiliki konfigurasi politik yang sama dengan tingkat nasional.

Baca Juga : Survei Indikator: Mayoritas Publik Tak Setuju Pembatalan Hasil Pemilu atas Prabowo-Gibran

Terkait koalisi dalam Pilkada 2024, dia menuturkan, akan dilakukan dengan pertimbangan bahwa pasangan calon yang akan diusung memiliki kriteria sebagai calon pimpinan daerah yang baik, amanah, cinta rakyat dan berjiwa NKRI.

“Jadi, tidak hanya sekedar pemenuhan persyaratan pencalonan sesuai Pasal 40 ayat (1) UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada,” tuturnya.

Dia juga menyampaikan, Pilkada serentak 2024 bagi PAN adalah agenda nasional penting setelah pelaksanaan pemilu legislatif dan pemilu presiden.

Alasannya, karena proses seleksi kepemimpinan nasional harus sinergis dan menjadi mata rantai yang tidak putus dengan di daerah melalui pilkada.

Menurut dirinya, regenerasi kepemimpinan daerah akan mempercepat terwujudnya tujuan pembangunan nasional, melalui pembangunan dari desa-desa di seluruh Indonesia.

Alasan lainnya, menjadikan pilkada sebagai ajang pendidikan politik rakyat agar kualitas demokrasi semakin sehat, kuat, dan melembaga.

Simak Juga : Prabowo Minta Pendukung Tidak Turun ke MK, Guru Besar Unas Nilai Sebagai Bentuk Kenegarawanan

Adapun untuk Pilkada Maluku, kata Viva, PAN akan mengusung kembali Irjen Pol. Murad Ismail untuk menjadi calon Gubernur Maluku 2024-2029.

“PAN menilai bahwa selama kepemimpinan Pak Murad Ismail menjadi Gubernur Maluku telah memiliki tingkat kinerja yang baik, dapat melakukan perubahan pembangunan di Maluku, dan dicintai masyarakat Maluku,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI resmi meluncurkan tahapan penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024 di Candi Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu (31/3).

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close