BeritaInternasional

Dialog Strategis, Prabowo dan Menhan Jepang Bahas Peningkatan Jumlah Kadet RI Pendidikan di Jepang

BIMATA.ID Tokyo, Jepang – Menteri Pertahanan Indonesia, Prabowo Subianto, bertemu dengan Menteri Pertahanan Jepang, Kihara Minoru, dalam pertemuan strategis di Tokyo pada Rabu (3/4). Salah satu topik utama yang dibahas adalah kemungkinan perluasan kerja sama pertahanan antara kedua negara, khususnya dalam meningkatkan jumlah kadet Indonesia yang mengikuti pendidikan di Jepang.

Prabowo mengakui kontribusi positif para kadet Indonesia yang telah belajar di institusi pertahanan Jepang dalam memperkuat kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) pertahanan Indonesia.

“Dulu saya berdiskusi dengan Menhan Jepang mengenai pengiriman kadet dari Indonesia. Mulai dari dua orang, kemudian kita meningkatkannya menjadi empat orang,” ungkap Prabowo. “Dalam kunjungan saya kali ini, saya berharap dapat merencanakan penambahan jumlah kadet Indonesia yang akan mengikuti pendidikan di Jepang di masa yang akan datang.”

Selain fokus pada pendidikan kadet, kedua Menhan juga membahas kerja sama pertahanan secara keseluruhan, baik dalam kerangka bilateral maupun multilateral, serta saling bertukar pandangan mengenai isu keamanan regional.

Dalam pertemuan ini, Minoru menyatakan komitmennya untuk menjaga dan mewujudkan kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka, didasarkan pada supremasi hukum bersama dengan Indonesia, sebagai negara maritim yang memiliki peran penting di kawasan tersebut.

Dialog antara Prabowo dan Menhan Jepang mencerminkan upaya kedua negara untuk memperkuat kerja sama dalam bidang pertahanan, sekaligus memperkuat stabilitas dan keamanan regional di kawasan Indo-Pasifik.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close