BeritaPolitikRegional

Bawaslu Kota Serang Lakukan Tahapan Perekrutan Panwascam Untuk Pilkada 2024

BIMATA.ID, Serang – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Serang Provinsi Banten mulai melakukan tahapan perekrutan panitia pengawas pemilu kecamatan (panwascam) yang akan bertugas untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Anggota Bawaslu Kota Serang Abdurrochim mengatakan bahwa dengan perekrutan Panwascam Pilkada berbeda dengan perekrutan Panwascam Pemilu 2024.

“Pada perekrutan Panwascam Pilkada menggunakan dua metode yaitu existing atau evaluasi untuk Panwascam yang pernah bekerja di Pemilu 2024 dan pembukaan pendaftar baru,” kata Abdurrochim, Senin (29/04/2024).

Baca Juga : Prabowo : Keberlanjutan Pemerintahan Kelak Lakukan Sejumlah Perbaikan

Panwascam ada 18 orang yang sudah menyerahkan berkas dan ada 17 orang yang dinyatakan lulus pemberkasan.

“Dan pada saat ikut tes pengisian formulir penilaian kinerja ada 15 orang setelah mereka melakukan tes kinerja dan tes portofolio baru hasilnya dilakukan penilaian,” ucapnya.

Hal tersebut dilakukan untuk menilai siapa saja yang perlu dipertahankan dan tidak setelah menjadi Panwascam pada Pemilu 2024.

Setelah selesai, pihaknya akan mengumumkan siapa saja yang lulus paling lambat 2 Mei dan selanjutnya akan dibuka pendaftaran untuk pendaftar baru.

“Kita nilai dari 15 orang ini, secara kinerja baik maka dia akan kita loloskan. Mana yang kinerja yang kurang baik akan kita coret,” ucapnya.

Simak Juga : Prabowo Fokus Persiapkan Diri Jelang Oktober: Agar Tak Ada Waktu Terbuang

Apabila saat menjadi Panwascam Pemilu bekerja kurang baik atau pada saat rekapitulasi menyisakan residu dan ketidakpercayaan publik.

Maka hal tersebut akan dijadikan bahan pertimbangan untuk dipertahankan atau tidak.

Adapun untuk perekrutan pendaftar baru, akan dibuka pada 3-5 Mei.

“Kalau mekanisme pemilihan yang barukan pakai computer assisted test (CAT). Itu kemampuan mutlak calon, kedua wawancara bagaimana kita menilai kompetensi, kepribadian, integritas, dan juga profesionalitas. Kita pilih orang terbaiklah,” pungkasnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close