BeritaPeristiwaRegional

BAZNAS Upayakan Kebutuhan Para Pengungsi Korban Banjir di Kudus Selama Ramadhan

BIMATA.ID, Jakarta – Badan Amil Zakat Nasional Republik Indonesia (BAZNAS RI) tengah berupaya memenuhi kebutuhan para pengungsi banjir di wilayah Kudus, Jawa Tengah (Jateng).

Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan BAZNAS RI, Saidah Sakwan MA menyampaikan, bahwa tak hanya memenuhi kebutuhan para pengungsi BAZNAS juga menyalurkan bantuan Paket Ramadhan Bahagia (PRB), Hidangan Berkah Ramadhan (HBR), juga hidangan berbuka, pada Minggu (17/03/2024).

“Kami berharap, bantuan PRB, HBR juga hidangan berbuka dapat bisa bermanfaat bagi masyarakat yang terdampak banjir di posko pengungsian banjir Kudus, dalam menjalani ibadah di bulan suci Ramadhan,” ujar Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan BAZNAS RI, Saidah Sakwan MA, di Jakarta, pada Senin (18/03/2024).

Baca juga: Menhan Prabowo Cek Kemajuan Pembangunan IKN Untuk Upacara HUT ke 79

Sambungnya, Paket Ramadhan Bahagia, dan bantuan makanan siap saji yang disalurkan tersebut bukan hanya bantuan materi, namun juga sebuah pesan bahwa di tengah kesulitan, mereka tidak sendiri.

“Bahwa ada tangan-tangan yang siap membantu, dan ada hati yang penuh dengan kebaikan untuk menopang satu sama lain,” jelasnya.

Selain itu, banjir yang melanda wilayah Kudus merupakan duka yang mendalam bagi semua.

Lihat juga: Ketua Gen KAMI Sarankan Agar Prabowo Gibran Bentuk Rumah Transisi

Menurutnya, banyaknya keluarga yang berdampak karena bencana alam ini, sehingga kehilangan tempat tinggal, harta benda, bahkan kerabat tercinta.

“Kita sangat prihatin terhadap bencana ini, ternyata cukup ekstrim. Tidak hanya menenggelamkan banyak rumah di tiga kecamatan, tapi juga sawah, sehingga banyak gabah membusuk, jadi kerugian yang dialami masyarakat cukup besar,” tuturnya.

Kemudian, Saidah menegaskan, BAZNAS RI akan berupaya semaksimal mungkin membantu para korban dengan menyediakan berbagai layanan kemanusiaan yang dibutuhkan masyarakat.

Simak juga: Kunjungan Prabowo Subianto ke IKN: Meninjau Persiapan Upacara HUT RI

Tak hanya itu, tim BAZNAS Tanggap Bencana juga telah membantu proses evakuasi warga, menyediakan layanan dapur umum, dapur air, hingga makanan siap saji bagi warga terdampak banjir di Kudus, Jateng.

Sekedar informasi, Tim BTB juga telah menyalurkan Hidangan Berkah Ramadhan untuk berbuka puasa yang disalurkan di pos pengungsi Desa Pasuruhan Kidul, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, dan menyalurkan porsi Hidangan Berkah Ramadhan di Pos Pengungsi Gedung JHK/IPHI Kabupaten Kudus.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close